Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Apresiasi Usulan Lemhanas Terkait Budaya Pertanian Berbasis Mekanisasi Modern

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Selasa, 15 September 2020, 23:26 WIB
Jokowi Apresiasi Usulan Lemhanas Terkait Budaya Pertanian Berbasis Mekanisasi Modern
Presiden Jokowi dan delegasi Lemhannas RI/Ist
rmol news logo Presiden Joko Widodo menyambut baik usulan Gubernur Lemhana RI Letjen TNI (pur) Agus Widjojo mengubah budaya pertanian kita menuju mekanisasi yang modern.

Tujuannya agar dapat berkompetisi secara global dengan membuka lumbung pangan atau food estate dengan didukung sumber daya yang kompetitif termasuk generasi Milenial.

Usulan itu disampaikan oleh Gubernur Lemhanas saat bertemu langsung Presiden Jokowi di Istana Bogor, Selasa (15/9).

"Usulan tersebut merupakan hasil kajian ketahanan pangan Lemhannas RI dan para pakar di bidangnya sesuai dengan kaidah pengkajian Lemhannas yang diselenggarakan pada dua bulan terakhir," demikian kata Agus, Selasa (15/9).

Agus menjelaskan bahwa food estate dapat mendorong terciptanya rantai ekonomi yang menghasilkan nilai tambah dan menyerap tenaga kerja.

Dengan demikian, food estate perlu didukung pembiayaan pertanian yang feasible dan digitalisasi pasar. Selain itu diperlukan big data untuk peta pangan nasional yang terintegrasi dari hulu seperti benih, pupuk, obat-obatan, sumber daya manusia, ketersediaan lahan yang sesuai, pengairan, alat dan mesin pertanian sampai hilir seperti peta kuliner nasional dan global.

"Mengkolaborasikan Peta pangan nasional tersebut harus berbasis pada keunggulaan kompetitif bagi komoditas unggulan lokal yang berorientasi pasar baik dalam negeri maupun ekspor sehingga menciptakan proses bisnis yang berkelanjutan bagi setiap stakeholders," demikian uraian Agus.

Hadir dalam Tim Kajian adalah Prof. DR. Ir. Dadan Umar Daihani DEA selaku Tenaga Profesional Bidang SKA dan Tannas Lemahannas RI dan Ketua  IKAL PPSA XXI Komjen (Pur) Arif Wachjunadi.

Turut hadir pula Ketua KPK Komjen Firli Bahuri, Wagub Lemhanas RI, Marsdya TNI Wieko Syofyan, Pangkostrad Letjen TNI Eko Margiyono dan Sekjen Kemhan Marsdya TNI Donny Ermawan. Dalam pertemuan itu juga hadir Deputi Pengkajian Lemhannas RI, Prof DR Ir Reni Maryerni MP dan Tenaga Profesional Bidang  SKA Lemhannas, Edi Permadi.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA