Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemerintah Berikan Jaminan Perlindungan Dan Keselamatan Tenaga Medis Dalam Penanganan Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 21 September 2020, 22:56 WIB
Pemerintah Berikan Jaminan Perlindungan Dan Keselamatan Tenaga Medis Dalam Penanganan Covid-19
Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang juga Menko Perekonomian Airlangga Hartarto/Net
rmol news logo Pemerintah tegaskan akan selalu memberikan perlindungan dan keselamatan bagi tenaga medis yang bertugas dalam penanganan Covid-19.

Begitu dikatakan Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang juga Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) di kantornya, Senin (21/9).

"Perlindungan dan keselamatan tenaga medis dan tenaga kesehatan merupakan hal krusial untuk dijamin oleh negara. Pemerintah akan mengupayakan ketersediaan peralatan medis yang berkualitas dan pemeriksaan kesehatan rutin untuk melindungi tenaga medis dan tenaga kesehatan yang sedang memberikan layanan kesehatan dalam penanganan Covid 19," kata Menko Airlangga.

Komitmen pemerintah menjamin keselamatan tenaga medis, kata Airlangga, sejalan dengan prioritas pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesehatan masyarakat agar beriringan dengan pemulihan ekonomi.

"Hal ini sejalan dengan prioritas pemerintah untuk menguatkan sektor kesehatan terhadap tenaga medis dan peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Langkah ini sekaligus bertujuan agar sejumlah dukungan ekonomi pemerintah dapat berjalan tepat sasaran," katanya.

Menko Airlangga dan IDI juga sepakat dalam menekan rantai penyebaran Covid-19, memerlukan kesadaran dan kedisiplinan tinggi dari masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

Oleh karena itu, pemerintah terus melakukan kampanye 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) dan menggencarkan operasi yustisi agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

"Kami juga sepakat perlunya peningkatan perubahan perilaku masyarakat dan kontrol sosial dari organisasi, LSM dan aparat hukum sebagai kunci untuk menekan angka penyebaran Covid-19. Kita semua berharap upaya percepatan penanganan Covid-19 dapat berjalan optimal, aman, dan efektif," imbuhnya.

Ketua Umum Partai Golkar ini juga menegaskan koordinasi antar lini, pemerintah pusat dan daerah juga menjadi salah satu kunci keberhasilan Indonesia untuk menekan penyebaran Covid-19.

"Komunikasi dan koordinasi seperti ini saya harapkan harus terus dilakukan dan terjaga, bahkan hingga di tingkat RT dan RW, sehingga upaya percepatan penanganan Covid 19 dapat berjalan optimal, aman, dan efektif," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA