Pemerintah Berikan Jaminan Perlindungan Dan Keselamatan Tenaga Medis Dalam Penanganan Covid-19

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang juga Menko Perekonomian Airlangga Hartarto/Net

Pemerintah tegaskan akan selalu memberikan perlindungan dan keselamatan bagi tenaga medis yang bertugas dalam penanganan Covid-19.

Begitu dikatakan Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang juga Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) di kantornya, Senin (21/9).

"Perlindungan dan keselamatan tenaga medis dan tenaga kesehatan merupakan hal krusial untuk dijamin oleh negara. Pemerintah akan mengupayakan ketersediaan peralatan medis yang berkualitas dan pemeriksaan kesehatan rutin untuk melindungi tenaga medis dan tenaga kesehatan yang sedang memberikan layanan kesehatan dalam penanganan Covid 19," kata Menko Airlangga.

Komitmen pemerintah menjamin keselamatan tenaga medis, kata Airlangga, sejalan dengan prioritas pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesehatan masyarakat agar beriringan dengan pemulihan ekonomi.

"Hal ini sejalan dengan prioritas pemerintah untuk menguatkan sektor kesehatan terhadap tenaga medis dan peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Langkah ini sekaligus bertujuan agar sejumlah dukungan ekonomi pemerintah dapat berjalan tepat sasaran," katanya.

Menko Airlangga dan IDI juga sepakat dalam menekan rantai penyebaran Covid-19, memerlukan kesadaran dan kedisiplinan tinggi dari masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

Oleh karena itu, pemerintah terus melakukan kampanye 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) dan menggencarkan operasi yustisi agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

"Kami juga sepakat perlunya peningkatan perubahan perilaku masyarakat dan kontrol sosial dari organisasi, LSM dan aparat hukum sebagai kunci untuk menekan angka penyebaran Covid-19. Kita semua berharap upaya percepatan penanganan Covid-19 dapat berjalan optimal, aman, dan efektif," imbuhnya.

Ketua Umum Partai Golkar ini juga menegaskan koordinasi antar lini, pemerintah pusat dan daerah juga menjadi salah satu kunci keberhasilan Indonesia untuk menekan penyebaran Covid-19.

"Komunikasi dan koordinasi seperti ini saya harapkan harus terus dilakukan dan terjaga, bahkan hingga di tingkat RT dan RW, sehingga upaya percepatan penanganan Covid 19 dapat berjalan optimal, aman, dan efektif," pungkasnya.

Kolom Komentar


Video

Wanita Terbakar Dalam Mobil di Sukoharjo, Diduga Korban Pembunuhan

Rabu, 21 Oktober 2020
Video

DENDI RAMADHONA DAN PESAWARAN

Rabu, 21 Oktober 2020
Video

Diduga Melanggar, Bawaslu Panggil Calon Bupati Semarang

Kamis, 22 Oktober 2020

Artikel Lainnya

Ujang Komarudin: Legitimasi Pemerintahan Menurun, Alasan PDIP Tuduh Pihak Lain Mengkudeta Jokowi
Politik

Ujang Komarudin: Legitimasi ..

28 Oktober 2020 00:46
Sandiaga Uno: Program STSP Diharapkan Bisa Ciptakan Lapangan Kerja
Politik

Sandiaga Uno: Program STSP D..

27 Oktober 2020 23:55
Jawab Aspirasi Masyarakat Desa, Iis Edhy Prabowo Resmikan Program PISEW
Politik

Jawab Aspirasi Masyarakat De..

27 Oktober 2020 23:25
Benny Tjokro-Heru Hidayat Divonis Seumur Hidup, DPD Apresiasi MA Dan Kejagung
Politik

Benny Tjokro-Heru Hidayat Di..

27 Oktober 2020 23:11
Sempat Dikritik Hanya Pelengkap, Maruf Amin Justru Diprediksi Meminang Rizal Ramli Saat Reshuffle Kabinet
Politik

Sempat Dikritik Hanya Peleng..

27 Oktober 2020 22:58
Jelang Munas Di Bandung, KITA Banjar Gelar Raker
Politik

Jelang Munas Di Bandung, KIT..

27 Oktober 2020 22:52
Survei BUMN Bersatu: Produktivitas Pekerja Saat Pandemi Masih Baik, Kuncinya Konektivitas
Politik

Survei BUMN Bersatu: Produkt..

27 Oktober 2020 22:11
Survei: Jika Benar Pulang, Habib Rizieq Diminta Pimpin Gerakan Oposisi
Politik

Survei: Jika Benar Pulang, H..

27 Oktober 2020 21:59