Waduh, Subsidi Kuota Internet Kemendikbud Nyasar Ke Anggota Ombudsman RI

Anggota Ombudsman RI, Alvin Lie/Net

Subsidi kuota internet untuk siswa dan juga guru yang disalurkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) salah sasaran. 

Salah sasaran bantuan pemerintah yang dimaksudkan untuk meringankan beban para siswa dan guru dalam proses belajar mengajar secara virtual itu diungkap anggota Ombudsman RI, Alvin Lie. 

Dalam akun Twitter-nya, Alvin Lie berani mengungkap hal ini lantaran kuota internet dari program subsidi pemerintah tersebut ikut masuk ke nomor pribadi miliknya. 

"Saya bukan pelajar/guru/dosen yang berhak mendapat kuota internet. Dinihari tadi jam 01.19 WIB masuk SMS notifikasi dari @Telkomsel bahwa kuota internet pendidikan bantuan Kemendikbud telah aktif," cuit Alvin Selasa (22/9). 

Masih dipostingan yang sama, Alvin menyampaikan permintaannya kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk melakukan penelusuran mengenai fenomena tersebut. 

"Mohon perhatian @bpkri @AchsanulQosasi (Anggota III BPK)," pintanya. 

Tak selang begitu lama, Anggota III BPK Achsanul Qosasi menjawab petmintaan Alvin Lie, dengan mengungkap pokok masalah yang terjadi dari salah sasaran subsidi kuota Kemendikbud itu. 

“Kembali masalahnya ada pada ‘data yang tidak akurat..'," tulisnya, menjawab mention dari Alvin Lie.

Selain dari kalangan pejabat, banyak pula orang tua siswa dan juga guru yang menyampaikan keluhannya di kolom komentar postingan Alvin Lie. Di mam mereka mengaku belum mendapatkan bantuan kuota padahal sudah mendaftarkan diri.

Misalnya, seperti yang disampaikan akun @akhwatelya yang menyebut anaknya sudah didata oleh sekolah dan masih belum mendapat bantuan tersebut sampai sekarang.

"Syukur saya ada wifi jadi enggak ngarep kouta bantuan, tapi enggak semua orang pasang wifi juga banyak ortu yang ngeluh kouta internet anakbya cepat habis, ini kok salah sasaran gini yah om,” tulisnya.

Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ainun Naim menyatakan bantuan kuota data internet akan diberikan kepada siswa, mahasiswa, pendidik dan guru, serta dosen berupa kuota data internet dengan perincian dibagi atas kuota umum dan kuota belajar.

Kuota umum adalah kuota yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi. Sementara, Kuota Belajar adalah kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran, dengan daftar yang tercantum pada kuota-belajar.kemdikbud.go.id.

Paket kuota internet untuk peserta didik PAUD mendapatkan 20 GB per bulan dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 15 GB.

Peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 35 GB per bulan dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 30 GB.

Sementara itu, paket kuota internet untuk pendidik pada PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 42 GB per bulan dengan rincian 5 GB kuota umum dan 37 GB kuota belajar. Sedangkan, untuk mahasiswa dan dosen mendapatkan 50 GB per bulan dengan rincian 5 GB kuota umum dan 45 GB kuota belajar.

Kolom Komentar


Video

Rekaman CCTV Kecelakaan Di Cileungsi, Mobil Box Parkir Ditabrak Mobil Box

Selasa, 20 April 2021
Video

Tanya Jawab Cak Ulung • Reshuffle Kabinet: Inisial M dan Sowannya Nadiem ke Megawati

Kamis, 22 April 2021

Artikel Lainnya

Janji Jokowi Kepada Keluarga Awak KRI Nanggala-402: Pemerintah Akan Mengupayakan Yang Terbaik
Politik

Janji Jokowi Kepada Keluarga..

22 April 2021 22:43
Pengamat: Belum Laksanakan Tugas Jokowi, Sofyan Djalil Layak Dicopot
Politik

Pengamat: Belum Laksanakan T..

22 April 2021 22:11
Fahri Hamzah: Terbongkarnya Ulah Nakal Pegawai KPK Adalah Pertanda Baik
Politik

Fahri Hamzah: Terbongkarnya ..

22 April 2021 21:34
Sejumlah Anggota DPR Mulai Disuntik Vaksin Nusantara, Wakil Ketua Komisi IX: Sudah Berjalan Sesuai Arahan Presiden
Politik

Sejumlah Anggota DPR Mulai D..

22 April 2021 20:57
Pipa Pertamina Bocor Lagi, Saan Mustopa: Ganti Rugi Hanya Temporer, Bagusnya Tidak Bocor
Politik

Pipa Pertamina Bocor Lagi, S..

22 April 2021 20:37
Pertemuan Partai Demokrat-PKS Bahas Penanganan Pandemi Covid-19 Hingga Masa Depan Demokrasi
Politik

Pertemuan Partai Demokrat-PK..

22 April 2021 20:28
Demokrat-PKS Bertemu, AHY Singgung Kepemimpinan Generasi Muda
Politik

Demokrat-PKS Bertemu, AHY Si..

22 April 2021 20:04
Jokowi Perintahkan TNI Hingga Basarnas Optimalkan Pencarian KRI Nanggala-402
Politik

Jokowi Perintahkan TNI Hingg..

22 April 2021 20:03