Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ratas Tidak Bahas Pilkada, Jokowi Justru Minta Pembangunan Pelabuhan Patimban Dipercepat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 22 September 2020, 12:58 WIB
Ratas Tidak Bahas Pilkada, Jokowi Justru Minta Pembangunan Pelabuhan Patimban Dipercepat
Presiden RI Joko Widodo/Rep
rmol news logo Tuntutan koalisi masyarakat sipil dan juga organisasi massa kepada pemerintah untuk Pilkada Serentak 2020 ditunda seolah tak didengar.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pasalnya, setelah hampir seminggu tak menggelar rapat terbatas (Ratas), Presiden Joko Widodo malah membahas percepatan proyek strategis nasional pembangunan Pelabuhan Patimban pada Ratas pagi tadi, Selasa (22/9).

Dalam pidato pengantarnya, Jokowi mengatakan Pantai Utara Jawa yang sudah tersambung dengan jalan tol harus menjadi superkoridor ekonomi Indonesia, karena fasilitas-fasilitas infrastruktur sudah relatif lebih siap sehingga setiap kawasan industri, kawasan pariwisata, sentra-sentra pertanian tersambungkan dengan jalan tol tersebut.

"Oleh sebab itu dalam rapat terbatas pagi hari ini kita akan percepat Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Dan kita harapkan Pelabuhan Patimban ini memiliki peran yang penting dan strategis dalam pertumbuhan dan perdagangan di wilayah Jawa Barat," kata Jokowi secara virtual di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Lebih lanjut, dia berharap Pelabuhan Patimban nantinya bisa dikembangkan untuk terkoneksi dengan pelabuhan di Tanjung Priok, dan juga Airport Kertajati, kawasan industri di Bekasi dan Karawang serta Purwakarta.

"Sebagai sebuah kawasan industri saling terkoneksi, saling mendukung satu dengan yang lain, sehingga memiliki daya saing terutama untuk produk-produk ekspor dan lebih khusus lagi di bidang otomotif," ungkapnya.

"Karena itu sudah beberapa kali menyampaikan juga saat peninjauan di lapangan agar dilakukan percepatan penyelesaian pembangunan pelabuhan Patimban ini," demikian Joko Widodo menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA