Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Batal Lawan Kotak Kosong, Gibran-Teguh Bakal Ditantang Bagyo-Suparjo Di Pilkada Solo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 23 September 2020, 14:01 WIB
Batal Lawan Kotak Kosong, Gibran-Teguh Bakal Ditantang Bagyo-Suparjo Di Pilkada Solo
Penetapan paslon di Pilkada Solo oleh KPUD Kota Solo/RMOLJateng
rmol news logo Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Solo dipastikan tak akan ada kotak kosong. Sebab, pasangan calon Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa dapat tantangan dari paslon jalur independen, Bagyo Wahyono-FX Suparjo.

Kepastian ini didapat setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo menggelar penetapan pasangan calon kepala daerah Pilkada 2020, Rabu (23/9).

Ketua KPU Kota Solo, Nurul Sutarti mengatakan, rapat pleno hari ini digelar secara daring untuk penetapan calon walikota dan wakil walikota dalam Pilwalkot Solo 2020.

Penetapan paslon ini tak dihadiri oleh pasangan calon kepala daerah.

"Hari ini sudah digelar rapat pleno bahwa pasangan yang akan maju berkompetisi di Pilwalkot Solo 2020 adalah pasangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa dan Bagyo Wahyono-FX Suparjo," papar Nurul kepada awak media, Rabu siang (23/9).

Ditambahkan Nurul, setelah selesai proses penetapan, selanjutnya pasangan calon harus membuka rekening khusus dana kampanye paling lambat hari ini. Satu hari sebelum tahapan kampanye, semua paslon harus menyerahkan laporan awal dana kampanye.

"Siang hari ini juga surat keputusan penetapan paslon pemilihan walikota dan wakil walikota kami serahkan kepada paslon, partai pengusung, maupun Bawaslu," papar Nurul.

Tahapan berikutnya, Kamis (24/9), KPU Kota Solo akan melakukan rapat pleno kembali untuk mengundi nomor urut pasangan calon.

"Dihadiri paslon yang akan mengikuti pengundian nomer urut pasangan calon jam 13.00 di Hotel Sunan," lanjutnya.

Kemudian, pada 25 September adalah penyerahan laporan dana awal kampanye. Karena 26 September sudah memasuki hari pertama kampanye.

KPU Solo pun meminta komitmen tim pendukung pasangan calon dan peserta tim kampanye agar secara disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19.

"Sekaligus mewujudkan kampanye yang damai aman dan sehat serta siapapun yang terpilih nanti dapat menerima secara legawa," pungkasnya.

Untuk diketahui, Gibran-Teguh sempat diperkirakan akan menghadapi kotak kosong saat Pilkada nanti. Beruntung, pasangan Bagyo-Suparjo yang maju dari jalur independen akhirnya lolos verifikasi setelah melalui perjuangan yang cukup berat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA