Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Balad Jokowi Apresiasi Terobosan Erick Thohir Perbaiki BUMN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Senin, 28 September 2020, 16:28 WIB
Balad Jokowi Apresiasi Terobosan Erick Thohir Perbaiki BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir/Net
rmol news logo Salah satu pembantu Presiden Joko Widodo yang super sibuk dan mendapat amanah cukup besar adalah Menteri BUMN, Erick Thohir. Sebab, slain diberi tugas besar sebagai Menteri, dia juga dipercaya menjalankan tugas sebagai Ketua Pelaksana Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Begitu kata Ketua Harian Balad Jokowi, Maruf Mutaqin kepada redaksi, Senin (28/9). Balad Jokowi sendiri merupakan kelompok relawan yang pada Pilpres 2019 lalu menggalang dana untuk pasangan Jokowi-Maruf.

Maruf Mutaqin mengatakan bahwa kepercayaan yang diberikan Jokowi kepada Erick Thohir (ET) memang tidak main-main. Presiden tahu betul kapabilitas dan kemampuannya dalam mengeksekusi pekerjaan.

“Balad Jokowi memberikan apresiasi kepada Erick Thohir atas keberhasilan serta komitmennya sebagai menteri BUMN dalam melakukan berbagai terobosan dan inovasi untuk memperbaiki dan memajukan BUMN,” ujarnya.

Menurut Maruf, terobosan Menteri Erick yang patut diaparesiasi adalah evaluasi terhadap anak dan cucu perusahaan BUMN yang tidak sesuai dengan core bisnis induk. Langkah ini bertujuan agar perusahaan-persusahaan BUMN fokus pada core bisnisnya.

Apalagi, sambungnya, jika Menteri Erick tetap berkomitmen untuk melakukan holdingisasi terhadap perusahaan-perusahaan BUMN. Upaya tersebut, menurut Maruf sangat bagus untuk memperbaiki kinerja perusahaan-perusahaan BUMN serta mempermudah pengawasannya.

“Jika Menteri Erick berkomitmen terhadap upaya holdingisasi, maka upaya ini sangat bagus untuk memperbaiki kinerja perusahan-perusahaan BUMN serta mempermudah pengawasannya,” tutur Maruf.

Hanya saja, Maruf mengingatkan bahwa dalam pengelolaan BUMN, holdingisasi musti tetap diarahkan untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat. Negara tidak boleh kehilangan kendali pengawasan atas tata kelola BUMN.

“Paradigma pengelolaan BUMN tidak boleh meninggalkan prinsip dasar yang terkandung dalam pasal 33 UUD 1945, yaitu tetap diarahkan guna mewujudkan kesejahteraan rakyat,” tuturnya.

Karena itu, menurut Maruf, jika ada gerakan-gerakan yang justru melemahkan upaya yang dilakukan Erick Thohir saat ini, maka perlu dipertanyakan komitmennya terhadap konstitusi dan kemajuan bangsa.

Balad Jokowi, tegasnya, akan mendukung penuh setiaplangkah perbaikan yang dilakukan Erick Thohir.

“Kami sangat berharap Menteri Erick tetap fokus dan tak usah menghiraukan kelompok-kelompok atau indvidu yang tidak menginginkan adanya perbaikan di BUMN,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA