Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kinerjanya Disorot, Menkes Terawan Harus Segera Benahi Komunikasi Publiknya Yang Lemah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 29 September 2020, 17:44 WIB
Kinerjanya Disorot, Menkes Terawan Harus Segera Benahi Komunikasi Publiknya Yang Lemah
Menkes Terawan Agus Putranto bersama Presiden Jokowi/Net
rmol news logo Kinerja Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto dalam menangani pandemi virus corona baru (Covid-19) di tanah air menjadi sorotan. Pasalnya, gaya kepemimpinan Terawan dan public relation (PR) tidak berjalan dengan baik.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melkiades Lakalena dalam keterangannya yang diterima Kantor Berita Politik RMOL sesaat lalu di Jakarta, Selasa (29/9). 

"Terkait pertanyaan tentang kinerja Pak Menkes yang disorot kami melihat lebih dominan aspek gaya kepemimpinan dan PR-nya yang tidak jalan baik," ujar Melkiades.

Melki mengatakan, Menkes dan seluruh jajarannya sejak awal pandemi Covid-19 terus bekerja dan memastikan tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan yang menjadi tanggungjawabnya bekerja secara optimal.

Kerja keras itu diindikasikan banyak korban tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19 dan lebih dari 100 orang meninggal. Bahkan, Kemenkes menjadi klaster perkantoran yang terbanyak terpapar Covid-19.

"Menunjukkan kerja keras Menkes dan jajaran Kemenkes serta seluruh sumber daya tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan sudah dikerahkan," tutur Melkiades.

Hal lain yang tidak kalah pentingnya, kata Melkiades, komunikasi publik yang lemah dari Terawan membuat sejumlah langkah taktis dan strategis yang dilakukan Kemenkes tidak terpublikasi dengan baik. 

"Kami temukan saat rapat kerja dengan Menkes dan jajarannya terkait komunikasi publik yang lemah. Banyak yang sudah dan akan dilakukan namun tidak terpublikasi secara baik ke publik," ungkapnya.

"Sehingga kinerja Menkes dan Kemenkes seolah olah tertutup oleh kementerian atau lembaga lain yang mampu tampilan kinerjanya dengan baik ke publik melalui media massa," imbuh Melkiades.

Atas dasar itu, Politisi Golkar ini mendorong Menkes Terawan dan jajaran untuk terus bekerja menangani aspek kesehatan secara optimal dan memperbaiki komunikasi publik.

Selain itu, juga perlu dilakukan konsolidasi dengan semua pihak untuk bersinergi menangani pandemi Covid-19 di tanah air.

"Kami mendorong Menkes dan jajarannya untuk terus bekerja menangani aspek kesehatan secara optimal dan konsolidasikan semua pihak yang juga menangani hal yg sama seperti TNI, Polri, BIN, BUMN, BNPB, dan lainnya sehingga sinergi berjalan baik," tuturnya.

"Kami juga mendorong komunikasi publik Menkes dan jajarannya dibenahi secara optimal sehingga publik mengetahui secara baik apa yang sudah dan akan dilakukan sehingga mendorong optimisme dan kepercayaan publik dalam merespon apapun dinamika Covid-19 di seluruh penjuru tanah air," demikian Melkiades.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA