Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tersisa 5 ICU Di Wisma Atlet, Komisi IX DPR: Harus Diantisipasi Dengan Skema Mobilisasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 29 September 2020, 19:07 WIB
Tersisa 5 ICU Di Wisma Atlet, Komisi IX DPR: Harus Diantisipasi Dengan Skema Mobilisasi
Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher/Net
rmol news logo Komisi IX DPR RI akan segera mengonfirmasi kepada pihak terkait berkenaan dengan pemindahan 34 unit ICU dari Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet ke Rumah Sakit Universitas Indonesia.

Hal itu penting lantaran pemindahan tersebut, praktis Wisma Atlet hanya memiliki 5 set ICU untuk penanganan Covid-19.

“Saya akan coba komunikasikan kepada kepala BNPB dan penanggung jawab RS Darurat Wisma Atlet terkait kondisi terkini bed yang ada di Wisma Atlet,” ujar anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (29/9).

Di sisi lain, saat ini pasien baru yang terinfeksi Covid-19 baik yang dengan gejala atau tanpa gejala telah bertambah. Hal itu memicu Gugus Tugas untuk mengaktifkan tower 8 Wisma Atlet sebagai tambahan tempat karantina mandiri.

Ditambah, perhimpunan pengusaha hotel juga sudah menyampaikan kesediaannya untuk menampung pasien yang terkategori OTG untuk bisa dikarantina di jaringan hotelnya.

Dengan demikian, jumlah alat ICU yang kini berkurang di Wisma Atlet harus diantisipasi dengan memastikan standar darurat yang dapat digunakan sewaktu-waktu.

“Saya pikir hitungan meninggalkan 5 unit harus diantisipasi dengan skema mobilisasi yang jelas jika terjadi kondisi darurat yang mengharuskan pasien drop untuk segera ditangani secara intensif namun tidak ter-cover oleh 5 unit ICU yang tersisa. Baik lalu lintas ke fasilitas ICU terdekat dari wisma atlet maupun ketersediaan fasilitas ICU di RS rujukan terdekat,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA