Survei Indikator Pilkada Tangsel: Benyamin-Pilar Ditempel Muhamad-Saras, Azizah-Ruhamaben Masih Tercecer

Hasil survei Indikator untuk Pilkada Tangsel 2020/Repro

Calon Walikota dan Wakil Walikota Tangerang Selatan Muhamad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo memepet elektabilitas calon petahana Benyamin Davnie-Pilar Saga. Menurut hasil survei terbaru, keduanya hanya berselisih 5 persenan.

Sementara putri Wakil Presiden Maruf Amin, Siti Nur Azizah yang berpasangan dengan Ruhamaben masih tercecer di urutan ketiga.

Dalam survei Indikator terbaru, Benyamin-Pilar Saga mempunyai elektabiltas 27,8 persen. Diikuti Muhamad-Saraswati dengan 22,6 persen. Sementara Azizah-Ruhamaben mengantongi 12,7 persen.

Angka-angka tersebut masih sangat berpeluang mengalami perubahan hingga Desember nanti. Karena jumlah yang belum menentukan pilihan sebesar 37,0 persen.
Survei Indikator ini dilaksanakan pada Juli-Agustus 2020 dengan komparasi hasil survei September-Oktober 2019.

Dilaporkan Kantor Berita RMOLBanten, tujuan survei sendiri untuk memotret sikap dan perilaku calon pemilih Kota Tangerang Selatan mengetahui siapa di antara nama-nama tokoh di Tangsel yang punya peluang paling kuat untuk menang dalam Pilkada, setidaknya kalau diadakan sekarang.

Dalam survei tersebut masyarakat Tangsel yang setuju Pilkada digelar pada 9 Desember 2020 sebesar 65,3 persen dan yang setuju ditunda sebanyak 27,6 persen. Sementara tidak menjawab 7,1 persen.

Kemudian, awareness warga tentang akan diadakannya pemilihan langsung Walikota Tangerang Selatan pada Desember 2020 mendatang saat ini sekitar 75,2 persen, cukup tinggi.

Secara umum tingkat popularitas para calon di Tangsel terbilang rendah karena belum ada yang di atas 70 persen. Sementara ini Benyamin Davnie memiliki tingkat popularitas paling tinggi yaitu 68,2%; kemudian H. Muhamad 49%, dan Siti Nur Azizah 42,8%. Nama-nama lain tingkat popularitasnya di bawah 40%.

Namun dari nama-nama paling populer, Muhamad justru disukai oleh 59,7% dari yang mengenalnya. Kemudian Benyamin Davnie 58%, dan Siti Nur Azizah disukai oleh 44,3% dari yang mengenalnya.

Meski terlihat unggul, posisi Benyamin Davnie belum tentu aman. Pesaing paling potensial saat ini, Muhamad, siap menyalip.

Apalagi, menurut hasil survei, kondisi di Kota Tangsel masih masih cair. Masih terdapat 43,3% pemilih lemah, yakni pemilih yang besar kemungkinan mengubah pilihan. Selain itu massa mengambang pun masih banyak pada berbagai simulasi pilihan nama.

Populasi survei sendiri adalah seluruh warga negara Indonesia di Kota Tangerang Selatan yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Dalam survei ini jumlah sampel sebanyak 410 orang. Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel 410 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error--MoE) sekitar ±5% pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sampel berasal dari seluruh Kecamatan di Tangsel yang terdistribusi secara proporsional. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

Wanita Terbakar Dalam Mobil di Sukoharjo, Diduga Korban Pembunuhan

Rabu, 21 Oktober 2020
Video

DENDI RAMADHONA DAN PESAWARAN

Rabu, 21 Oktober 2020
Video

Diduga Melanggar, Bawaslu Panggil Calon Bupati Semarang

Kamis, 22 Oktober 2020

Artikel Lainnya

Demo Terus Berlanjut, Haris Rusly: Gerakan Mahasiswa Mengkristal, Konsolidasi Dipusatkan Di Kampus-kampus
Politik

Demo Terus Berlanjut, Haris ..

28 Oktober 2020 12:15
Jika Terpilih Jadi Gubernur Bengkulu, Helmi Hasan Akan Gratiskan Seragam Sekolah
Politik

Jika Terpilih Jadi Gubernur ..

28 Oktober 2020 11:57
Ragu November Vaksinasi Massal, Saleh Daulay: Barangnya Tidak Ada, Mau Disuntikkan Apa?
Politik

Ragu November Vaksinasi Mass..

28 Oktober 2020 11:41
Kehadiran UU Cipta Kerja Justru Mempermudah Proses Perizinan Usaha
Politik

Kehadiran UU Cipta Kerja Jus..

28 Oktober 2020 10:59
Saleh Daulay: Siapa Penanggung Jawab Vaksin, Erick, Terawan Atau Luhut?
Politik

Saleh Daulay: Siapa Penanggu..

28 Oktober 2020 10:58
Waketum PAN Desak Presiden Macron Cabut Pernyataan Dan Minta Maaf
Politik

Waketum PAN Desak Presiden M..

28 Oktober 2020 10:45
Anies Baswedan: Libur Panjang Memang Menggoda, Tapi Jangan Sia-siakan Upaya Kita Bersama
Politik

Anies Baswedan: Libur Panjan..

28 Oktober 2020 10:19
PP IPHI Ajak Puluhan Juta Alumni Dan Calon Haji Boikot Produk Prancis
Politik

PP IPHI Ajak Puluhan Juta Al..

28 Oktober 2020 09:58