Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Doni Monardo: Covid-19 Ibarat Malaikat Pencabut Nyawa Bagi Kelompok Rentan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 02 Oktober 2020, 03:34 WIB
Doni Monardo: Covid-19 Ibarat Malaikat Pencabut Nyawa Bagi Kelompok Rentan
Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo/Net
rmol news logo Masyarakat dituntut untuk menjaga protokol kesehatan serta menghindari kerumunan guna menekan angka penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo mengibaratkan virus corona jenis baru yang menjangkiti seluruh lapisan masyarakat sebagai malaikat pencabut nyawa terutama bagi mereka yang lanjut usia.

“Covid-19 ini ibarat malaikat pencabut nyawa bagi kelompok rentan, yaitu lansia dan penderita comorbid,” kata Doni dalam acara diskusi virtual Mappilu PWI, Kamis (1/10).

Kepala BNPB ini menyampaikan, sejumlah provinsi mencatatkan kematian comorbid cukup tinggi. Dari data yang didapatkan, angka kematian comorbid di wilayah Jawa Timur sebanyak 91 artinya 9 persen angka kematian dikarenakan adanya penyakit penyerta utamanya adalah penyakit diabetes.

“Kita harus memahami bagaimana berusaha melindungi mereka yang punya comorbid, agar tidak beraktiftas di tempat umum. Kita sampaikan dan semua pimpinan strata haruta bisa mengingatkan pada karyawanya, sehingga paling tidak kita bisa melindungi 80-85 persen dari warga masyarakat kita,” jelasnya.

Demikian pula dalam pilkada, lanjut Doni, seluruh penyelenggara termasuk aparat keamanan harus menegakkan aturan yang dikeluarkan KPU. Hal itu dilakukan guna mencegah penyebaran virus berbahaya itu.

“Kita berharap unsur-unsur pengamanan lainnya upaya pencegahan untuk bisa menghindari kerumunan. Kami yakin salah satu upaya sosialisasi kita yang melibatkan media  menjadi langkah strategis bagi terjaminnya pilkada yang aman dan sehat,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA