Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ilham Bintang: Buzzer Kerap Mengganggu Kerja Insan Pers

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 02 Oktober 2020, 20:30 WIB
Ilham Bintang: Buzzer Kerap Mengganggu Kerja Insan Pers
Ketua Dewan Kehormatan PWI, Ilham Bintang dalam diskusi virtual bertema Menjaga Harapan Masyarakat Di Tengah Bencana/Net
rmol news logo Tugas pers dalam menuntun pemerintah sejauh ini telah dilakukan sesuai kaidah hukum yang berlaku. Namun demikian, hal itu tak mudah lantaran insan pers berhadapan dengan sejumlah hambatan dalam mengerjakan tugas persnya, salah satunya dalam hal wabah virus corona baru (Covid-19).

“Ini tidak mudah karena secara bersamaan, media atau wartawan berhadapan dengan tiga hambatan," kata Ketua Dewan Kehormatan PWI, Ilham Bintang dalam diskusi virtual bertajuk ‘Menjaga Harapan Masyarakat Di Tengah Bencana’, Jumat (2/10).

Pertama, kata Ilham Bintang, perihal Covid-19 itu sendiri.“Kita tidak bisa wawancarai (virus), kita tidak bisa tahu apa asal-usulnya, tidak ada tentang covid-19 ini karena memang spesies baru dari corona sebelumnya,” katanya.

Yang kedua, lanjut Ilham Bintang, sebagian masyarakat yang tidak begitu peduli dengan adanya pandemi Covid-19 lantaran mereka dihadapkan dengan kepentingan untuk menyelamatkan periuk rumah tangganya sendiri.

“Musuh ketiga adalah buzzer-buzzer yang di media sosial jumlahnya banyak sekali, bisa mengganggu kerja pers, menurut data 66 persen. Inilah yang mengganggu hubungan upaya pers untuk melakukan pembangunan anggapan kepada publik (terhadap Covid-19),” tegasnya.

Dengan adanya buzzer-buzzer tersebut, Ilham Bintang mengatakan wartawan kesulitan untuk melakukan tugas sesuai dengan tuntutan Dewan Pers dalam kerja jurnalistiknya.

“Mereka sudah melakukan metodologinya dengan benar. Tapi itu diadang oleh buzzer yang saya enggak tahu dari mana. Apakah influencer yang sekarang ini dikenal kerja sama dengan pemerintah? Itu yang saya anggap tidak mudah," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA