Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bagir Manan: Ada Pembangkangan Sosial Terhadap Protokol Kesehatan Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 02 Oktober 2020, 21:52 WIB
Bagir Manan: Ada Pembangkangan Sosial Terhadap Protokol Kesehatan Covid-19
Mantan Ketua Dewan Pers, Bagir Manan/RMOL
rmol news logo Keberhasilan suatu negara dalam menekan penyebaran pandemi Covid-19 ini dapat dilihat dari disiplin sosial yang dilakukan masyarakatnya.

Demikian disampaikan mantan Ketua Dewan Pers, Bagir Manan dalam diskusi virtual bertajuk ‘Menjaga Harapan Masyarakat Di Tengah Bencana’, Jumat (2/10).

“Yang menentukan keberhasilan ini adalah disiplin sosial,” kata Bagir Manan.

Namun bila dilihat fakta di lapangan, saat ini masih banyak penerapan protokol kesehatan yang belum dijalankan secara disiplin. Menurutnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan masyarakat tidak disiplin dalam menjaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Sudah disinggung Prof M Nuh (Ketua Dewan Pers), pertama masyarakat tidak tahu (Covid-19) ini bencana. Mereka menganggap ini penyakit biasa saja dan akan hilang dengan sendirinya,” ujar mantan Ketua Mahkamah Agung RI ini.

Yang kedua, lanjut Bagir, masyarakat memang tidak peduli dengan adanya wabah ini. Imbasnya, tidak ada tanggung jawab bersama untuk turut serta dalam menghentikan laju penyebaran virus corona.

“Yang ketiga ada semcama pembangkangan sosial terhadap segala upaya kita untuk mengentaskan penyakit ini,” ucapnya.

Akibat dari tiga faktor tersebutlah, kasus Covid-19 di Indonesia kian hari kian mengalami peningkatan yang cukup signifikan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA