Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ace Hasan: RUU Cipta Kerja Berikan Jaminan Pada Kepastian Sertifikasi Halal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 05 Oktober 2020, 14:21 WIB
Ace Hasan: RUU Cipta Kerja Berikan Jaminan Pada Kepastian Sertifikasi Halal
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily/Net
rmol news logo RUU Cipta Kerja yang baru saja disepakati oleh pemerintah dan DPR RI untuk segera disahkan menjadi UU, menjadi angin segar bagi terwujudnya industri halal di Indonesia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily mengatakan, selain dapat melindungi umat Islam untuk mengkonsumsi produk halal.

"Dengan adanya UU Cipta Kerja ini dapat memberikan jaminan bagi kepastian prosedur pengurusan halal yang lebih transparan, tepat waktu dan biaya serta jelas prosedurnya," ujar Ace Hasan kepada wartawan, Senin (5/10).

Dalam UU ini, kata Ace, MUI tetap berperan aktif sebagai pemegang otoritas mengeluarkan fatwa kehalalan suatu produk. Sementara, untuk pemeriksaan dan penyelidikan suatu produk diberikan kesempatan bagi organisasi keislaman yang memang tersebar di seluruh pelosok Indonesia.

"Ini dilakukan agar dunia usaha di berbagai wilayah Indonesia memiliki kemudahan untuk mendapatkan akses mengurus sertifikasi halal," katanya.

Hal yang sangat strategis dan memiliki manfaat yang besar untuk dunia usaha, terutama UMKM, lanjutnya, untuk sertifikasi halal dalam RUU Cipta Kerja ini adalah adanya keberpihakan terhadap UMKM yang biayanya ditanggung pemerintah.

Sambung politisi Partai Golkar ini, kebijakan itu tentu sangat menggemberikan bagi dunia usaha terutama usaha kecil menengah, selain bahwa hal ini memberikan jaminan bagi masyarakat muslim untuk mengkonsumsi kehalalan produk.

"Saya sangat optimis dengan disahkannya RUU Cipta Kerja ini akan memberikan jaminan kepastian sertifikasi halal yang selama ini dalam implementasinya masih ditemukan berbagai masalah. Kita harapkan tentu ke depan Indonesia menjadi pusat industri halal dunia," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA