Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketua Baleg: Tidak Mungkin Kami Bisa Memuaskan Semua Pihak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 05 Oktober 2020, 14:54 WIB
Ketua Baleg: Tidak Mungkin Kami Bisa Memuaskan Semua Pihak
Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Supratman Andi Agtas/Net
rmol news logo Klaster ketenagakerjaan menjadi yang paling berat dibahas dalam RUU Cipta Kerja. Pengakuan itu disampaikan Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Supratman Andi Agtas dalam keterangan tertulisnya, Senin (5/10).

Namun demikian, dia memastikan bahwa seluruh fraksi di parlemen memiliki satu suara dalam pengambilan keputusan terkait pesangon tenaga kerja.

“Saya yakinkan semua sependapat! Seluruh fraksi di awal pembahasan dan pengambilan keputusan terkait pesangon, semua satu suara,” tegas Supratman.

Sembilan fraksi di DPR, termasuk DPD juga satu suara soal pesangon ini. Namun perihal tuntutan sekelompok buruh yang menolak keputusan perihal pesangon ini, Supratman bisa memahami.

“Tidak mungkin kami bisa memuaskan semua pihak. Saya mengerti apa yang menjadi tuntutan kawan-kawan buruh. Saya pastikan dan saya janjikan saat mereka demo terakhir di depan gedung DPR, saya katakan bahwa saya bersungguh-sungguh untuk memperjuangkan hal itu,” katanya.

Menurutnya, dari tujuh isu krusial tentang ketenagakerjaan, seperti PHK massal dan lain-lain, peraturan perundangannya sudah dikembalikan ke UU ketenagakerjaan yang lama.

“Misalnya bagaimana syarat-syarat PHK itu, kami sampaikan bahwa itu kembali ke UU existing dan tidak ada yang berubah sama sekali,” ucapnya.

Satu-satunya menurut Supratman yang akan berpengaruh terhadap para buruh adalah soal jumlah pesangon.

“Tetapi jangan lupa, kalau dilihat dari sisi yang lain, sebenarnya siapa sih yang menginginkan PHK itu terjadi? Kalau buruh itu produksinya dengan gaji bisa seimbang, maka tidak akan ada masalah. Tidak ada pengusaha mana pun yang ingin setiap saat ganti tenaga kerjanya. Pasti tidak,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA