Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi: Pertumbuhan Sektor Pertanian Harus Terus Dipompa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 06 Oktober 2020, 12:08 WIB
Jokowi: Pertumbuhan Sektor Pertanian Harus Terus Dipompa
Presiden Joko Widodo saat memimpin Ratas/Net
rmol news logo Pertumbuhan ekonomi domestik yang terkoreksi karena pandemi Covid-19 tidak berimbas keseluruh sektor yang ada.

Presiden Joko Widodo mengkonfirmasi itu karena menerima data pertumbuhan ekonomi di sektor pertanian yang masih berkontribusi tinggi, khususnya untuk kuartal II tahun ini.

"Di tengah pandemi sektor pertanian telah menyumbangkan yang tertinggi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional yang dalam posisi mengalami perlambatan," ujar Jokowi dalam rapat terbatas (Ratas) virtual yang disiarkan akun Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (6/10).

Bedasarkan data yang dikantonginya, Jokowi menyebut sektor pertanian masih tumbuh positif 16,24 persen pada kuartal II tahun ini. Perolehan tersebut, menurutnya, bisa terus dipompa dengan cara mendorong nelayan dan petani untuk berkelompok dalam jumlah yang besar. Bahkan jika dimungkinkan bisa dibuatkan sebuah korporasi.

"Pertumbuhan positif di sektor pertanian ini perlu kita jaga momentumnya sehingga memberikan dampak signifikan terhadap kesejahteraan petani dan nelayan. Sehingga memiliki economic scale, sehingga diperoleh skala ekonomi yang efisien yang bisa mempermudah petani dan nelayan dalam mengakses pembiayaan, mengakses informasi, mengakses teknologi dan meningkatkan efisiensi dan bisa memperkuat pemasarannya," ucapnya.  

"Pola pikir juga perlu berubah tidak semata-mata fokus kepada on farm tapi bergerak ke out farm sisi pasca panen, sisi bisnisnya yaitu dengan membangun proses bisnis dari produksi sampai ke pascapanen. Memang kita melihat kelompok-kelompok petani dan nelayan belum terbangun sebuah model bisnis yang memiliki ekosistem yang bisa disambungkan mungkin dengan BUMN dan swasta besar," demikian Joko Widodo menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA