Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sebelum Pilkada, Tito Minta Masyarakat Sudah Punya KTP-EL

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 06 Oktober 2020, 21:08 WIB
Sebelum Pilkada, Tito Minta Masyarakat Sudah Punya KTP-EL
rmol news logo Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) agar memenuhi kebutuhan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL) bagi masyarakat sebelum dimulainya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember 2020 yang akan datang.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Tito menegaskan, Kementrian Keuangan telah memenuhi permintaan anggaran tambahan bagi Kemendagri untuk blanko KTP-EL, sehingga tidak ada alasan kelangkaan blanko.

"Untuk itu saya minta pak Dirjen Dukcapil, dan seluruh kepala dinas ini betul-betul menggenjot maksimal sebelum hari pemungutan suara setiap pemilih ini sudah memiliki KTP-EL,” ujar Tito dalam Rakornas Dukcapil, Selasa (6/10).

Dia meminta agar penggunaan surat keterangan (suket) yang telah melakukan perekaman di pilkada dapat diminimalisasi. Suket, kata dia sebaiknya diberikan untuk pemilih pemula yang genap berusia 17 tahun menjelang 9 Desember 2020.

“Yang lain-lain saya minta rekan-rekan lebih proaktif untuk mengajak dan mendorong masyarakat yang belum memiliki KTP-EL segera memiliki KTP-EL,” himbaunya.

Menurutnya, daerah sebaiknya segera mendata kebutuhan blanko e-KTP untuk dikoordinasikan dengan Dirjen Dukcapil Kemendagri. “Jangan sampai banyak sekali keluhan dari daerah, KPUD dan lain-lain pemilihnya banyak sekali yang menggunakan surat keterangan,” demikian Tito Karnavian.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA