Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ingin Bawa Tangsel Raih Adipura, Rahayu Saraswati Siapkan 5 'Jurus Sakti'

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 07 Oktober 2020, 10:54 WIB
Ingin Bawa Tangsel Raih Adipura, Rahayu Saraswati Siapkan 5 'Jurus Sakti'
Calon Wakil Walikota Tangerang Selatan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo/Repro
rmol news logo Pemerintah Kota Tangerang Selatan terpaksa harus melupakan penghargaan Adipura karena masalah sampah yang tak kunjung terselesaikan, terutama di TPA Cipeucang. Tidak hanya Pemkot, impian warga Tangsel terhadap Adipura pun buyar.

Nah, calon Wakil Walikota Tangsel nomor urut 1, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, punya strategi jitu agar Tangsel bisa meraih penghargaan itu.

Sarawati -demikian dia biasa disapa- membeberkan strategi 5S agar Kota Tangsel meraih Adipura.

5S yang dimaksud yaitu sampah dan pengolahannya, sanitasi dan saluran air, sehat dan sejuk, subur dan hijau, dan sistem transportasi publik yang saling terkoneksi.

Pertama, masalah sampah memang merupakan isu utama di Tangsel yang menarik untuk dilakukan pengkajian.

"Saya blusukan, ketemu dengan banyak orang pasti yang disinggung adalah soal sampah, masalah utama adalah TPA Cipeucang. Ini sudah krisis, kita harus timbun itu TPA, karena sistem "open dumping" seperti sekarang melanggar persyaratan Adipura, baunya juga kemana-kemana," terang Waketum Partai Gerindra itu dalam Webinar "Tangsel Menuju Adipura" yang diselenggarakan oleh Komunitas Salam Pintar, Selasa (6/10).

Sebagai solusinya, Saraswati dengan calon Walikota Muhamad akan siapkan teknologi pengolahan sampah yang terbarukan, yang bisa memproduksi bijih plastik, atau juga dibuat bahan bangunan dan jalan.

Kedua, sanitasi dan saluran air. Tangsel merupakan kota dengan banyak situ dan sungai. Pengendalian dan pengelolaan saluran air menjadi penting dalam kehidupan warga.

Kata Saraswati, tidak jarang masalah banjir pun berawal dari buruknya kondisi saluran air. Untuk itu, perbaikan infrastruktur gorong-gorong, sungai, normalisasi situ dan sungai, juga perbaikan sarana sanitasi dan air kotor, baik di kawasan pemukiman hingga toilet umum yang ada di fasilitas publik (terminal, taman, tempat wisata, dan lainnya) harus dikerjakan.

Ketiga, sehat dan sejuk. Menurut Saraswati, ujung dari semua program kebersihan lingkungan di Tangsel adalah membuat warga Tangsel jadi sehat. Karena kesehatan warga adalah aset bagi Tangsel.

"Untuk itu pasangan Muhamad-Saraswati akan membangun sebanyak-banyak taman kota yang dapat digunakan sebagai sarana rekreasi maupun olahraga. Ini juga terkait Ruang Terbuka Hijau (RTH), selain pembangunan jalur dan rute sepeda yang komprehensif (Tangsel Kota Ramah Sepeda)," ujar Saraswati, dikutip Kantor Berita RMOLBanten.

Keempat, subur dan hijau. Seperti program bercocok tanam di perumahan dan lahan tidur/kosong. Edukasi masyarakat tentang pertanian dan perkebunan akan ditingkatkan, misalnya dengan lebih meningkatkan Kawasan Pertanian Terpadu (KPT).

"Manfaat lain dari program yang menghasilkan bunga, buah-buahan, sayur-mayur, dan apotek hidup. Juga akan menghasilkan udara bersih bagi kota Tangsel. Hal ini juga terkait kedaulatan pangan melalui promosi sistem aquaponik," terang Saraswati.

Kelima, sistem transportasi publik yang terintegrasi serta bisa menciptakan dan menjaga udara bersih Tangsel.

Polusi dan udara buruk, lanjut Saraswati, merupakan ancaman nyata bagi masyarakat. Kondisi ini mengancam kesehatan bahkan kematian bagi warga Tangsel.

Untuk itu, peran pemerintah kota menjadi penting dalam mengelola sistem dan membuat peraturan terkait dengan aktivitas kota yang berdampak pada kualitas udara.

Ditambahkan Saraswati, untuk mencapai langkah tersebut, butuh pembangunan infrastruktur dan sistem transportasi yang baik dan terintegrasi.

"Pembangunan LRT, pengadaan bus pengumpan yang menghubungkan antara pemukiman dengan sistem transporasi berbasis rel (KRL dan MRT), selain itu juga pembangunan sistem jalur sepeda," demikian Rahayu Saraswati. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA