Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Airlangga Hartarto: Perintah Pengadaan Vaksin Sampai Akhir Tahun Ini 271,3 Juta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 12 Oktober 2020, 17:15 WIB
Airlangga Hartarto: Perintah Pengadaan Vaksin Sampai Akhir Tahun Ini 271,3 Juta
Airlangga Hartarto/Repro
rmol news logo Ketua Komite Kebijakan Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Airlanga Hartarto mendapat perintah dari Presiden Joko Widodo untuk menyiapkan pengadaan vaksin.

Dalam acara Talkshow yang digelar secara virtual bertajuk "Vaksin, Protokol Kesehatan, dan kaitannya dengan Antisipasi Bencana Banjir di Musim Hujan", Airlangga menyebutkan, jumlah vaksin yang mesti disediakan hingga akhir tahun atau kuartal IV 2020 mencapai  ratusan juta.

"Terkait dengan arahan pengadaan vaksin, jadi pengadaan vaksin sampai dengan November sampai dengan Kuartal keempat itu disiapkan 271,3 juta," ujar Airlangga , Senin (12/9).

Lebih lanjut, Ketua Umum Partai Golkar ini merinci perusahaan-perusahaan pengadaan vaksin yang dipastikan bakal memenuhi kebutuhan dengan jumlah yang telah ditetapkan tersebut.

Di mana yang pertama, Airlangga menyebutkan, 30 juta vaksin dari Kensino Sinovac, kemudian juga Sinopharm dan Astragenika berkomitmen 100 juta dan 50 juta, dan juga beberapa perusahaan luar lain yang tengah diurus oleh beberapa kementerian.

"Sekarang sedang berangkat Menteri Kesehatan, Menteri Luar Negeri, Menteri BUMN untuk mempersiapkan 50 juta yang di order pertama dan dibayar," jelas Airlangga.

Selain itu, mantan Menteri Perindustrian ini juga menjelaskan potensi pengadaan vaksin hasil produksi luar negeri, yang bekerjasama dengan BUMN.

"Kemudian yang berikut berbasis kepada Biofarma yang mengadakan dan pemerintah sudah menurunkan Perpres dan ini adalah untuk pengadaan vaksin," katanya.

"Dan ini diperkirakan untuk 160 juta. Dan ini tahapannya mungkin bisa pertahap sampai dengan Tahun 2022. Persiapan sedang dilakukan," demikian Airlangga Hartarto menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA