Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KPU Ngawi Belum Pasang APK Pilkada, Warga Bingung Siapa Paslonnya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 14 Oktober 2020, 16:42 WIB
KPU Ngawi Belum Pasang APK Pilkada, Warga Bingung Siapa Paslonnya
Komisioner KPU Ngawi, Aman Ridho Hidayat/RMOLJatim
rmol news logo Meski sudah dua pekan masa kampanye, sejak digulirkan pada 26 September lalu, hingga kini Alat Peraga Kampanye (APK) pasangan calon peserta Pilkada 2020 belum tampak terpasang di sejumlah titik di wilayah Ngawi.

Padahal, dalam aturan PKPU Nomor 4 Tahun 2017 sudah diatur sedemikian rupa terkait APK yang difasilitasi oleh KPU.

"Kayaknya Pilkada saat ini terkesan senyap tanpa gambar atau APK. Seharusnya ketika kampanye sudah digelar dibarengi pemasangan gambar paslon," kata Turmudzi, salah satu warga Ngawi, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (14/10).

Ia pun menilai keterlambatan atau tidak dipasangnya APK, secara politis merugikan masyarakat selaku pemilih. Mengingat keberadaan KPU harus intens melakukan sosialisasi yang utuh tentang Pilkada.

"Kita itu butuh sosialisasi siapa paslon dan kapan pelaksanaan pencoblosan. Di Ngawi ini sangat terkesan senyap. Kalau beralasan teknis dan aturan ya monggo, akan tetapi kita mengharapkan sosialisasi yang fair," jelasnya.

Terpisah, Komisioner KPU Ngawi Divisi Teknis, Aman Ridho Hidayat  menjelaskan, keterlambatan pemasangan APK memang karena berbagai faktor. Mulai dari pengadaan barang hingga lelang APK yang membutuhkan waktu hingga sepekan.

Belum lagi desain foto paslon harus disetujui baik dari paslon maupun menyesuaikan regulasi KPU.

"Keterlambatan itu dilatarbelakangi persoalan teknis dari pengadaan sampai pada persetujuan gambar atau desain foto paslon. Memang saat ini yang terpasang baru APK jenis billboard," ungkap Ridho. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA