Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal Dugaan Politik Uang Cabup Nomor Urut 1, Begini Penjelasan Bawaslu Pesawaran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 15 Oktober 2020, 16:32 WIB
Soal Dugaan Politik Uang Cabup Nomor Urut 1, Begini Penjelasan Bawaslu Pesawaran
Ketua Bawaslu Pesawaran, Riyan Arnando/RMOLLampung
rmol news logo Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pesawaran, Lampung, memanggil saksi atas dugaan politik uang dalam pilkada setempat.

Diduga, calon Bupati nomor urut 1, M Nasir, telah melakukan politik uang dengan memberikan sumbangan uang pribadi senilai ratusan juta guna pembangunan jembatan dan jalan umum.

Terkait dugaan tersebut, Ketua Bawaslu Pesawaran, Riyan Arnando mengatakan, pemeriksaan dilakukan terhadap satu orang saksi dengan inisial TJ guna mendapatkan keterangan terkait dugaan politik uang tersebut.

"Sementara baru kita dalami dugaan itu. Dari keterangan pemeriksaan tadi, saksi mengaku sebagai tim sukses paslon 01," terang Riyan saat ditemui di sekretariat Bawaslu Pesawaran, Jalan Ahmad Yani Desa Kebagusan, Gedongtatan, Kamis (15/10).

Meski demikian Riyan enggan menyebut secara rinci hasil dari pemeriksaan saksi tersebut.

"Terkait hasilnya, sementara ini baru menyebut sebagai relawan. Kita punya waktu tujuh hari untuk melakukan pemeriksaan, tim panwas juga sudah turun ke lokasi," tambahnya.

"Aturannya jelas, bentuk bantuan yang diperbolehkan hanya benda senilai 60 ribu rupiah dalam bentuk bahan kampanye. Dan tidak dalam bentuk uang," tutup Riyan, dikutip Kantor Berita RMOLLampung.

Selain memeriksa saksi, Bawaslu juga mengundang M Nasir guna memberikan keterangan. Sayan, sang calon bupati berhalangan hadir.

Sebelumnya, santer diberitakan sejumlah media online, calon Bupati Pesawaran nomor uruta 1 memberikan sejumlah bantuan material secara pribadi guna membangun jembatan di 3 desa.

Tiga desa tersebut adalah Kububatu, Sindanggarut, dan Gunungrejo di Kecamatan Waylima. Selain jembatan, bantuan juga menyasar pambangunan jalan penghubung dusun, di Desa Bogorejo, Gedongtataan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA