Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prabowo Dijamu Di Pentagon, PKS: Kita Harus Berteman Dengan Semua

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 18 Oktober 2020, 13:41 WIB
Prabowo Dijamu Di Pentagon, PKS: Kita Harus Berteman Dengan Semua
Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari/Net
rmol news logo Indonesia memegang teguh prinsip politik luar negeri bebas aktif. Sehingga, tidak akan menjadi bagian dari boneka negara kuat manapun, termasuk Amerika Serikat dan China.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari mengatakan bahwa Indonesia tidak akan berpihak pada satu saja kekuatan dunia. Posisinya berada di tengah karena non blok dan bebas aktif.

Pernyataan itu disampaikan menanggapi adanya anggapan bahwa kunjungan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ke Amerika Serikat bertujuan mencari kiblat pergaulan internasional baru untuk melawan China.  

“Saya kira kita harus berteman dengan semua, dengan Amerika, berteman dengan Rusia, berteman dengan China, berteman dengan Uni Eropa. Enggak boleh berteman dengan satu pihak, kan kita non-blok,” ujar Abdul Kharis kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (18/10).

“Kalau kita non-blok kan harus menjaga kedekatan yang sama,” imbuhnya.

Disinggung mengenai kerjasama militer dalam bidang kemaritiman yang dinilai publik untuk melawan China lantaran kerap mengganggu Indonesia di Natuna Utara.

Legislator dari PKS ini meyakini Prabowo tidak akan main-main dengan Amerika Serikat dan akan membawa marwah Indonesia di mata negara adidaya itu.

“Biasa diplomasi mereka, Amerika berdiplomasi sah-sah saja. Pak Prabowo pasti bisa mengambil sikap terbaik untuk Indonesia,” ujar Abdul Kharis.

“Saya kira Indonesia dekat dengan semuanya tidak dengan negara tertentu saja. Prinsip non-blok kita. Dengan Amerika kita deket kok,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA