Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tingkat Kepercayaan Publik Kepada Pemerintah Dalam Mengatasi Pandemi Masih Cukup Tinggi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 18 Oktober 2020, 16:22 WIB
Tingkat Kepercayaan Publik Kepada Pemerintah Dalam Mengatasi Pandemi Masih Cukup Tinggi
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi/Repro
rmol news logo Kepuasan publik terhadap langkah-langkah pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19 menunjukkan peningkatan.

Demikian hasil survei yang dirilis Indikator Politik Indonesia terkait mitigasi dampak Covid-19 terhadap tarik-menarik kepentingan ekonomi dan kesehatan di masa pandemi.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, tingkat kepercayaan publik terhadap presiden dalam mengatasi pandemi masih cukup tinggi dan relatif stabil.

"Kepercayaan publik terhadap lembaga negara dalam dua bulan terakhir tampak tidak banyak berubah. Perubahan yang lebih besar terhadap presiden meningkat dari 79,1 persen pada temuan sebelumnya, menjadi sekitar 85,8 persen," jelas Burhanuddin dalam paparannya yang disiarkan secara daring, Minggu (18/10).

Mayoritas publik juga yakin bahwa TNI dan Polri mampu menjaga keamanan selama masa pandemi, sekitar 65,7 persen merasa cukup yakin, dan 24,5 persen merasa sangat yakin.

"Sementara terhadap Menteri Kesehatan cenderung meningkat dibanding temuan sebelumnya," sambung Burhan.

Publik juga menilai penyebaran Covid-19 di Indonesia cukup terkendali. Meski begitu, ada sekitar 51,5 persen publik yang menyoroti bahwa selama pandemi tingkat kejahatan justru semakin meningkat.

Untuk diketahui, Survei Indikator Politik Indonesia dilakukan pada periode 24 hingga 30 September 2020. Sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak.

Adapun metode survei yang digunakan yakni dengan metode simple random sampling dengan memiliki toleransi kesalahan (margin of error) sekitar kurang lebih 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Mengingat kondisi sedang pandemi, maka survei dilakukan menggunakan kontak telepon kepada responden. Sampel berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA