Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Airlangga: Program PEN Timbulkan Sinyal Positif Sejumlah Indikator Ekonomi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Senin, 19 Oktober 2020, 11:59 WIB
Airlangga: Program PEN Timbulkan Sinyal Positif Sejumlah Indikator Ekonomi
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/Net
rmol news logo Pelonggaran kebijakan lockdown di sejumlah negara membuat ekonomi global mulai membaik. Dampaknya, kondisi pasar modal Indonesia juga perlahan mulai memperlihatkan tanda-tanda pemulihan setelah anjlok pada bulan Maret lalu.

Begitu kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam acara Capital Market Summit Expo (CMSE), Senin (19/10).

Dia menjelaskan bahwa Indonesia sudah masuk pada tahap pemulihan setelah sempat tertekan di kuartal kedua. Penerapan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) memberi sentimen positif bagi pasar modal.

“PEN menimbulkan sinyal positif sejumlah indikator ekonomi sejak Juli 2020," ujarnya.

Adapun indikasi pasar modal membaik dapat dilihat dari yield obligasi pemerintah yang turun untuk tenor 10 tahun ke level 6,74 persen per 15 Oktober 2020. Peringkat Indonesia juga menjadi BBB pada 10 Agusutus berdasar pemeringkatan Fitch.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan nilai tukar rupiah juga mengalami peningkatan. IHSG ke level 5.105, sedangkan rupiah berada pada Rp 14.690 per dolar AS pada 15 oktober 2020.

Kinerja IHSG didorong oleh peningkatan indeks saham sektoral, salah satunya sektor industri dasar mengalami pemulihan indeks sejak penurunan di Maret.

“Momentum pemulihan ekonomi perlu dijaga dan ditingkatkan. Pemerintah sendiri telah menerapkan kebijakan kebijakan ‘gas dan rem; yang seimbang antara penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi," demikian ketua umum Golkar tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA