Setahun Jokowi-Maruf, Jerry Massie: Reshuffle Menteri Dan Dengar Jeritan Rakyat, Maka Negara Aman

Jerry Massie/Net

Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin yang genap berumur satu tahun pada hari ini diharap bisa melakukan reshuffle menteri, dan bisa lebih mendengar aspirasi masyarakat.

Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie, karena melihat pemerintahan Presiden Jokowi pada periode kedua tahun ini tidak sebaik periode pertamanya.

Salah satu hal yang disoroti Jerry, sehingga meminta Kepala Negara melakukan reshuffle menteri, adalah persoalan krisis manajemen dan pengambilan keputusan di pemerintahan.

"Saya lihat banyak yang perlu dibenahi soal crisis management (krisis manajemen), making decision (membuat keputusan). Perlu juga Jokowi menegur keras para bawahannya dan perlunya mereshuffle menteri yang berkinerja buruk," ujar Jerry dalam siaran pers yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (20/10).

Sejauh pengamatannya, komunikasi publik pemerintahan Jokowi-Maruf lemah dan perlu diubah. Utamanya terkait jumlah jurubicara pemerintah di istana, yang akhirnya membuat masyrakat menjadi salah persepsi terhadap suatu kebijakan atau keputusan yang dikeluarkan.

Sebagai contohnya adalah kontroversi omnibus law UU Cipta Kerja. Padahal menurut Jerry, UU penggabungan tersebut memiliki tujuan yang baik untuk masyarakat. Hanya saja, karena tidak ada komunikasi yang baik menyebabkan kekisruhan yang tidak diinginkan.

"Jangan semua bicara. Saran saya Mensesneg Pratikno dilibatkan saja sebagai jubir. Saat ini ada banyak yang bicara," ungkapnya.

"Jokowi perlu bangun tim yang solid; perlu adanya open bureaucratic system (sistem keterbukaan birokrasi), transparancy system untuk menjadikan good and clean goverment," sambung Jerry.

Selain itu, hal yang paling utama dari evaluasi terhadap kinerja satu tahun pemerintahan Jokowi-Maruf adalah kebijaksanaan dan kejujuran dalam bertindak.

Dalam konteks ini, Jerry meminta pemerintah untuk lebiih banyak mendengar jeritan hati masyarakat luas. Sebab menurutnya, hak kebebesan berpendapat (Freedom of Spech) telah dijamin Undang-undang Dasar 1945, tepatnya di dalam Pasal 28E Ayat (3), dan UU 9/1998.

"Kecuali menghasut, makar, anarkisme dan adu domba setidaknya diproses hukum. Tapi kalau hanya menyampaikan une-unegnya jangan ditangkap. Jangan ada tindakan represif," tuturnya.

"Kadang good (baik) tapi belum best (terbaik) ataupun paling baik (better). Dalam ini istilah Vox Populi (suara rakyat) perlu di dengar. Saya yakin jika Presiden mendengar keluh kesah dan jeritan rakyat kelompok grassroot atau kaum marjinal maka negara akan aman, damai dan sejahtera," demikian Jerry Massie.
EDITOR: AHMAD SATRYO

Kolom Komentar


Video

Sosok Mayat Mengapung di Sungai Gegerkan Warga Grobogan

Minggu, 22 November 2020
Video

Laporkan Rektor ke KPK, Frans Josua Napitu Dirumahkan oleh UNNES

Senin, 23 November 2020
Video

Copot Baliho Habib Rizieq Tak Berizin oleh Satpol PP Kota Semarang

Senin, 23 November 2020

Artikel Lainnya

Azis Syamsuddin Akan Lapor Mendagri Soal Kekosongan Jabatan Wagub Aceh
Politik

Azis Syamsuddin Akan Lapor M..

23 November 2020 17:48
Pangdam Jaya Akan Ambil Tindakan Tegas Jika Ada Yang Nekat Gelar Reuni 212
Politik

Pangdam Jaya Akan Ambil Tind..

23 November 2020 17:48
Marwan Jafar: Buang-buang Energi, Hentikan Kegaduhan Nasional
Politik

Marwan Jafar: Buang-buang En..

23 November 2020 17:37
Pangdam Jaya Usul FPI Dibubarkan, Sekjen PKS: Aneh, Offside Kalau Dia Yang Bicara
Politik

Pangdam Jaya Usul FPI Dibuba..

23 November 2020 17:00
Soal Wakil Menteri Perhubungan, Aziz Syamsuddin: Kita Ikut Saja, Itu Kewenangan Presiden
Politik

Soal Wakil Menteri Perhubung..

23 November 2020 16:40
FSB: Perlu Sosok Negarawan Hentikan Kegaduhan Nasional
Politik

FSB: Perlu Sosok Negarawan H..

23 November 2020 16:38
Surya Paloh Positif Covid-19, Politikus Nasdem: InsyaAllah Bisa Disembuhkan, Mohon Doanya
Politik

Surya Paloh Positif Covid-19..

23 November 2020 16:36
Sekjen PKS: Habib Rizieq Bagus Di Ormas Saja, Badannya Lebih Leluasa
Politik

Sekjen PKS: Habib Rizieq Bag..

23 November 2020 16:21