Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lakukan 1.640 Kampanye Dalam 27 Hari, 2 Paslon Pilkada Sukoharjo Catat Rekor Terbanyak Di Jateng

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 20 Oktober 2020, 18:20 WIB
Lakukan 1.640 Kampanye Dalam 27 Hari, 2 Paslon Pilkada Sukoharjo Catat Rekor Terbanyak Di Jateng
Kegiatan kampanye di Kabupaten Sukoharjo/RMOLJateng
rmol news logo Dua pasangan calon (paslon) di Pilkada Kabupaten Sukoharjo tampaknya punya 'Semangat 45' dalam memanfaatkan masa kampanye. Bagaimana tidak, dalam tempo kurang dari 1 bulan, kedua paslon mampu menggelar kegiatan kampanye terbuka sebanyak 1.640 kali.

Jumlah kampanye terbuka tersebut, menurut catatan Bawaslu Sukoharjo, merupakan yang terbanyak se-Jawa Tengah. Padahal, ada sejumlah daerah yang tidak atau belum melakukan kampanye, atau hanya sedikit kampanye saja.

"Tercatat kedua paslon sudah melakukan kampanye tatap muka sebanyak 1.640 kali hingga Senin (19/10)," jelas Komisioner Bawaslu Sukoharjo, Muladi Wibowo, Selasa (20/10).

Tercatat, paslon nomor urut 1 telah berkampanye sebanyak 1.181 kali, dan paslon nomor urut 2 sebanyak 459 kali kampanye. Dengan rincian, jenis kampanye tatap muka 27 kali, pertemuan terbatas 1.609 kali, dan pembagian bahan kampanye sebanyak 4 kali.

Dengan penghapusan jadwal kampanye, membuat kedua paslon semakin leluasa melukan pendekatan ke masyarakat. Dan pilihan kampanye yang paling banyak dilakukan kedua Paslon adalah dengan bertatap muka.

"Kami sudah menyarankan kedua paslon melakukan metode kampanye yang lain seperti online, itu tidak mengurangi esensi kampanye, tapi pilihan tetap tatap muka," tambah Muladi, dikutip Kantor Berita RMOLJateng.

Aturan pembatasan jumlah peserta kampanye yang hanya maksimal 50 orang saja tak membuat kedua paslon kehilangan akal. Mereka kemudian menambah titik lokasi kampanye, sehingga kuantitas kampanye pun tetap besar.

"Mereka lebih interaksi yang pendek, dengan jarak yang dekat, karena mengejar waktu ke titik berikutnya. Jadi sehari bisa 50 kali kampanye tatap muka," bebernya.

Meski demikian, tidak semua agenda kampanye dihadiri langsung oleh paslon cabup atau cawabup. Tapi juga bisa dilakukan oleh tim pemenangan kampanye, yang bergerak serentak hingga ke tingkat RT. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA