Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Belajar Dari Prancis, Pakai Proxy Voting Saat Gelar Pemilu Di Tengah Pandemi Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 20 Oktober 2020, 19:39 WIB
Belajar Dari Prancis, Pakai <i>Proxy Voting</i> Saat Gelar Pemilu Di Tengah Pandemi Covid-19
Dutabesar Indonesia untuk Prancis Merangkap Andora, Monako, dan UNESCO, Arrmanatha Christiawan dalam webinar series Partai Golkar/Repro
rmol news logo Beragam antisipasi harus dipikirkan dengan matang berkenaan dengan gelaran Pilkada 2020 yang akan digelar di tengah pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir di Indonesia. Salah satu yang bisa dilakukan adalah berguru ke negara yang sudah pernah menggelar pemilu di tengah pandemi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Seperti halnya di Prancis yang telah menggelar Pemilu di tengah wabah Covid-19.  Dutabesar Indonesia untuk Prancis Merangkap Andora, Monako, dan UNESCO, Arrmanatha Christiawan menuturkan, ada hal menarik yang diterapkan pada proses Pemilu di negara 'Kota Mode' itu.

Salah satunya soal diberlakukannya proxy voting atau pemilih dapat mendelegasikan hak pilihnya kepada perwakilan pada saat Pemilu.
 
"Satu hal yang menarik dalam konteks proses pemilihan Pilkada di Prancis yakni adanya proxy voting yang membolehkan orang menggunakan hak pilihnya diwakili orang lain," kata Dubes Arrmanatha Christiawan Nasir dalam webinar series Partai Golkar bertajuk 'Protokol Kesehatan Dalam Pelaksanaan Pemilu Selama Pandemi Covid-19', Selasa (20/10). 

Meskipun demikian, kata Arrmanatha, masyarakat setempat harus sudah teregister jika ingin melakukan proxy voting sebagaimana diatur dalam regulasi pemilihan di Prancis. 

"Harus teregister. Di saat Covid-19 dia tidak bisa ke TPS, dia bisa menelepon dan meminta petugas TPS didampingi polisi agar dia bisa menggunakan hak pilihnya baik di RS dan lain-lain," tuturnya.

Selain Arrmanatha, narasumber lain dalam webinar series Partai Golkar yakni Dutabesar LBBP RI untuk Korea Selatan Umar Hadi, Ketua Bawaslu Abhan dan Komisioner KPU Ilham Saputra. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA