Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Catatan Setahun Jokowi-Maruf, Ace Hasan Ungkap Dampak Positif Perppu Corona

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 21 Oktober 2020, 22:41 WIB
Catatan Setahun Jokowi-Maruf, Ace Hasan Ungkap Dampak Positif Perppu Corona
Presiden Jokowi-Maruf Amin/Net
rmol news logo Sejumlah kebijakan Presiden Joko Widodo dalam kurun waktu setahun kepemimpinannya di tengah badai pandemi Covid-19 dinilai mampu menjaga stablitas ekonomi dan kesehatan.

Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily menilai Perppu 1/2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dapat memastikan penanganan Covid-19 di Indonesia jauh lebih efektif dan dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya.

Dia mengurai dengan adanya perppu tersebut, pemerintah mampu menjalankan kebijakan dalam dua hal. Pertama penanganan kesehatan untuk mengendalikan persebaran Covid-19.

“Saya melihat langkah-langkah yang dilakukan pemerintah untuk penyediaan APD dan Rumah Sakit rujukan relatif sudah baik walaupun pada awal-awalnya sempat mengalami kegagapan,” katanya.

“Namun dengan cepat, dengan ketegasan Presiden Jokowi untuk melecut para pembantunya, berbagai upaya implementasi penanangan kesehatan dapat berjalan sebagaimana mestinya,” imbuhnya.

Hasilnya, lanjut Ace Hasan, masyarakat  dapat melihat bahwa tingkat tingkat kesembuhan Covid-19 (recovery rate) Indonesia saat ini 78,71 persen. Artinya angka itu di atas rata-rata dunia yaitu 74,82 persen.

“Memang harus diakui bahwa positive case rate kita masih tinggi, karena bisa jadi angka tersebut seiring dengan semakin masifnya uji atau tes Covid-19 yang telah mencapai 30.000 per/hari,” katanya.

Kemudian yang kedua adalah penanganan dampak sosial-ekonomi Covid-19 dengan cepat dilakukan Pemerintahan Jokowi. Berbagai cara dilakukan untuk melakukan mobilisasi bantuan perlindungan sosial dilakukan, baik yang berasal dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Berbagai bantuan perlindungan sosial itu diantaranya PKH, BLT, Bansos Tunai, Kartu Sembako.

Selain itu kebijakan pemulihan ekonomi dengan pemberian insentif bagi pelaku UMKM juga telah dilakukan.

Sejumlah paket kebijakan itu dipandang masyarakat langkah tepat pemerintahan Jokowi.

“Hasilnya tentu kita dapat merasakan sendiri. Indonesia merupakan salah satu negara yang sekalipun minus tapi tidak terlalu mendalam dibandingkan dengan negara-negara lainnya di dunia,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA