Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi: 2021 Akan Jadi Tahun Opportunity, Saya Sangat Optimis!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Minggu, 25 Oktober 2020, 02:37 WIB
Jokowi: 2021 Akan Jadi Tahun <i>Opportunity</i>, Saya Sangat Optimis<i>!</i>
Presiden Joko Widodo yakin ekonomi Indonesia bisa bangkit pada 2021/Repro
rmol news logo Pandemi Covid-19 memberi dampak yang luar biasa buruk dan telah menciptakan efek domino di masyarakat. Mulai dari masalah kesehatan hingga sosial dan ekonomi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Seluruh lapisan usaha pun terkena dampaknya. Mulai dari tingkatan rumah tangga, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), hingga korporasi.

"Perekonomian di berbagai negara mengalami kontraksi, bahkan resesi. Tak ada yang kebal dari pandemi, termasuk negara kita Indonesia," ujar Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan secara virtual pada peringatan HUT ke-56 Partai Golkar, Sabtu malam (24/10).  

Jokowi melanjutkan, sebelum pandemi Covid-19, ekonomi Indonesia selalu tumbuh sekitar 5 persen. Pada 2019 misalnya, kata Jokowi, pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh sebesar 5,02 persen.

Namun akibat pandemi, pertumbuhan ekonomi Indonesia melambat menjadi 2,97 persen di triwulan pertama, dan minus 5,32 persen di triwulan kedua 2020.

"Tetapi dibandingkan dengan negara-negara lain, kontraksi ekonomi Indonesia relatif lebih landai dan saya meyakini insyaAllah mampu untuk segera recovery. Mampu melakukan pemulihan," tegasnya.

Hal tersebut terlihat dari pergerakan berbagai indikator strategis selama triwulan ketiga tahun 2020 yang telah menunjukkan perbaikan. Harga-harga pangan seperti beras tetap terjaga.

Selain itu, jumlah penumpang angkutan udara pada Agustus 2020 naik 36 persen dari bulan sebelumnya. Kemudian neraca perdagangan September 2020 juga surplus 2,44 miliar dolar AS. Purchasing Managers Index (PMI) pun mulai memasuki tahap ekspansi kembali, dan telah terjadi peningkatan konsumsi.

Artinya, sambung Jokowi, peluang untuk mengembangkan usaha akan semakin terbuka, pertumbuhan ekonomi akan terus membaik. Begitu pula dengan penciptaan lapangan kerja yang bisa semakin terbuka luas.

"Tahun 2021 akan menjadi tahun yang penuh peluang, tahun opportunity, tahun pemulihan ekonomi nasional, dan pemulihan ekonomi global. Ini adalah saat yang tepat untuk kembali bekerja, kembali mengembangkan usaha, membuka lapangan kerja bagi jutaan pencari kerja," sambungnya.

"Saya sangat optimis kita akan mampu memanfaatkan peluang tersebut," demikian Jokowi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA