Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei: Mayoritas Masyarakat Puas Penanganan Pandemi Oleh Pemerintah Pusat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 25 Oktober 2020, 16:21 WIB
Survei: Mayoritas Masyarakat Puas Penanganan Pandemi Oleh Pemerintah Pusat
Survei Indikator Politik mengenai penanganan pandemi oleh pemerintah/Repro
rmol news logo Penanganan pandemi Covid-19 yang dilakukan pemerintah pusat dinilai positif oleh publik.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, berdasarkan hasil survei lembaganya, tren kepuasan masyarakat atas kemampuan pemerintah pusat mencegah penyebaran Covid-19 cenderung baik.

"Di sini ada peningkatan. Jadi kalau ada kabar baik, kita sampaikan kepada publik," ujar Burhanuddin Muhtadi saat memaparkan hasil survei bertajuk 'Politik, Demokrasi Dan Pilkada Di Era Pandemi Covid-19' secara virtual, Minggu (25/10).

Setidaknya, sebanyak 66,3 persen menyatakan cukup atau sangat puas. Hal itu mengalami kenaikan dari bulan Juli sebesar 60,2 persen. Sementara yang menyatakan kurang atau tidak puas sama sekali sebesar 33 persen dan mengalami penurunan dari bulan Juli sebesar 36,6 persen.

Sedangkan soal pengendalian virus corona, mayoritas masyarakat menyatakan bahwa pemerintah pusat bisa mengendalikannya. Yakni, sangat terkendali sebesar 2,5 persen dan cukup terkendali sebesar 51,8 persen.

Sedangkan yang menyatakan kurang terkendali sebesar 37,7 persen dan tidak terkendali sama sekali hanya 5,3 persen.

"Pengendalian Covid mungkin orang bisa berbeda pendapat, tapi kalau ditanya kepada masyarakat secara umum, 54 persen memandang bahwa virus corona itu sudah terkendali," jelas Burhanuddin.

"Jadi memang ada perbedaan. Kalau kita zoom, mereka yang mengatakan pemerintah bisa mengendalikan Covid-19 itu cenderung kelas menengah ke bawah, kelas menengah ke atas cenderung mengatakan tidak terkendali, tapi terlepas dari itu, over all masyarakat mengatakan terkendali kok," pungkasnya.

Pengambilan sampel survei nasional Indikator Politik Indonesia ini diselenggarakan sejak 24 sampai 30 September 2020 dengan melibatkan 1.200 responden di seluruh Provinsi Indonesia.

Survei ini menggunakan metode simple random sampling dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen dan margin of error kurang lebih 2,9 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA