Farah.ID
Farah.ID

Waketum PPP: Sandiaga Terganjal AD/ART, Kalau Jabatan Selain Ketum Terbuka

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 25 Oktober 2020, 19:45 WIB
Waketum PPP: Sandiaga Terganjal AD/ART, Kalau Jabatan Selain Ketum Terbuka
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Sandiaga Salahuddin Uno/Net
Nama Sandiaga Salahuddin Uno mencuat dalam bursa pencalonan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang akan digelar pada Muktamar PPP Desember 2020 mendatang.

Wakil Ketua Umum PPP Amir Uskara menyampaikan, peluang Sandi sebagai Ketum PPP akan terganjal AD/ART partai berlambang Kabah tersebut. Namun, Sandi berpeluang mendapatkan posisi strategis dalam tubuh PPP.

“Iya (bisa selain Ketum). Karena, secara organisasi aturan AD/ART yang ada saat ini membatasi calon ketua umum harus pernah menjadi pengurus harian minimal satu periode atau 5 tahun,” ucap Amir kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (25/10).

Sandiaga sendiri diketahui merupakan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra. Posisi yang bukan merupakan kader PPP tersebut akan makin menyulitkan Sandi menjadi ketum dirasa sangat sulit.

“Kalau sesuai aturan yang ada saat ini, beliau belum pernah menjadi pengurus harian, tapi untuk jabatan-jabatan yang lain sangat terbuka,” tambahnya.

Ketua Fraksi PPP DPR RI ini mengakui banyak kader PPP yang mengusulkan sejumlah nama. Selain Sandiaga, ada nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Gus Ipul.

“Iya, memang ada aspirasi-aspirasi dari daerah yang mendorong beberapa tokoh untuk bergabung,” tutupnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA