Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ulil Absar: Wahai Teman Media, Sebutan Yang Tepat Adalah Nur Sugik Bukan Gus Nur!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Minggu, 25 Oktober 2020, 20:20 WIB
Ulil Absar: Wahai Teman Media, Sebutan Yang Tepat Adalah Nur Sugik Bukan Gus Nur<i>!</i>
Sugi Nur Rahardja atau Gus Nur/Net
rmol news logo Sosok Sugi Nur Rahardja belakangan sering menghiasi pemberitaan nasional, baik televisi, cetak, maupun daring.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal itu berkenaan dengan kasus hukum yang kini tengah menjerat pendakwah kontroversial tersebut. Ia ditangkap aparat kepolisian usai diduga menghina Nahdlatul Ulama.

Berkenaan dengan ramainya pemberitaan tersebut, cendekiawan muda Ulil Abshar Abdala justru mengkritik penyebutan 'Gus' kepada Sugi Nur Rahardja.

"Wahai teman-teman media: Sebutan yang tepat adalah Nur Sugik. Bukan Gus Nur," kata Ulil Abshar di alun Twitternya, Minggu (25/10).

Diketahui, 'Gus' merupakan penyebutan untuk anak kiai dalam tradisi Nahdliyin yang dimaksudkan untuk merendah diri meski keilmuannya pantas dikatakan sebagai kiai atau ulama.

Namun demikian, bagi Ulil, penyebutan tersebut kepada Sugi Nur Rahardja tidak tepat. "Dia bukan 'gus'," tandasnya.

Hal senada juga pernah disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi VIII DPR dari Fraksi PKB, Marwan Dasopang yang menjelaskan asal-usul Gus Nur. Ia menyebut tidak ada latar belakang yang mendukung Gus Nur menyandang predikat 'Gus'.

"Gus Nur ini menempatakan diri sebagai pencerah di bidang agama, ini kan macam-macam, ada ustaz, syekh, tuan guru dan sebagainya. Nah Gus Nur ayahnya bukan kiai, dia sendiri tak nyantri tapi senang-senang aja menerima predikat 'Gus', padahal dia bukan santri, ayahnya juga bukan kiai, apa lagi punya pesantren," kata Marwan beberapa waktu lalu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA