Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Belum Terkatrol, Elektabilitas Gatot Masih Kalah Dari AHY Sejak Februari Hingga Saat ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 25 Oktober 2020, 22:57 WIB
Belum Terkatrol, Elektabilitas Gatot Masih Kalah Dari AHY Sejak Februari Hingga Saat ini
Hasil Survei Indikator Politik terkait dengan elektabilitas tokoh untuk Pilpres 2024/Repro
rmol news logo Kemunculan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo sebagai Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) belum speenuhnya mampu mengatrol elektabilitasnya dalam kontestasi Pilpres 2024.

Berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia yang diselenggarakan sejak 24-30 September 2020, Gatot yang kerap dikait-kaitkan dengan Pilpres 2024 justru masih kalah dari Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, posisi AHY masih mengungguli hasil survei dari Gatot Nurmantyo.

Hasil survei September ini, AHY memperoleh 4,2 persen yang berada di posisi keenam. Sementara Gatot berada di posisi kedelapan yang memperoleh 1,4 persen.

Bahkan keunggulan AHY dari Gatot sudah terjadi sejak awal tahun 2020. Menurut Burhanuddin, hasil survei yang dilakukan pada Februari, Mei dan Juli 2020, putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selalu mengungguli Gatot.

Dimana, pada Februari AHY memperoleh 6,5 persen. Pada Mei 4,8 dan Juli sebesar 6,8 persen.

Sementara Gatot, pada Februari hanya memperoleh 2,2 persen. Lalu mengalami penurunan pada Mei yang hanya 1,7 persen. Pada bulan selanjutnya yakni Juli sebesar 1,4 persen.

Dalam survei kali ini, posisi pertama ditempati Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 18,7 persen. Disusul Prabowo Subianto dengan 16,8 persen, Anies Baswedan 14,4 persen, Sandiaga Uno 8,8 persen, dan Ridwan Kamil 7,6 persen.

Pengambilan sampel survei nasional Indikator Politik Indonesia ini diselenggarakan sejak 24 sampai 30 September 2020 dengan melibatkan 1.200 responden di seluruh Provinsi Indonesia.

Survei ini menggunakan metode simple random sampling dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen dan margin of error kurang lebih 2,9 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA