Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengamat: Pilpres Masih Lama, Ada Motif Di Balik Survei Yang Diumumkan Sekarang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 27 Oktober 2020, 18:13 WIB
Pengamat: Pilpres Masih Lama, Ada Motif Di Balik Survei Yang Diumumkan Sekarang
Hasil survei Indikator Politik mengenai elektabilitas tokoh untuk Pilpres 2024/Repro
rmol news logo Sorotan ditujukan kepada sejumlah lembaga survei yang mulai melakukan riset terkait dengan peta elektabilitas calon presiden pada 2024. Sebab, riset tersebut dilakukan di masa pemerintahan sekarang yang baru menginjak satu tahun bekerja.

Menurut pengamat politik dari Universitas Nasional (Unas) Andi Yusran, setidaknya ada dua hal yang bisa dilihat dari sikap lembaga survei yang melakukan riset terkait peta kekuatan atau elektabilitas calon presiden meski masih digelar empat tahun mendatang.

"Pertama karena ada keinginan untuk mulai ‘mengukur’ siapa saja yang memiliki kesempatan bertarung di Pilpres 4 tahun mendatang," ujar Andi kepada Kantor Berita RMOLJakarta, Selasa (27/10).

Survei tersebut, kata Andi, dilakukan independen dengan motif tunggal yakni membangun kesadaran politik publik dalam menilai kelayakan seseorang maju dalam Pilpres mendatang.

Kemungkinan kedua, survei dilakukan secara intens oleh lembaga survei yang pada saat bersamaan juga bekerja sebagai lembaga konsultan. Pada posisi ini, lembaga survei yang bersangkutan diarahkan membangun dan membentuk opini publik dengan berbagai trik dan strategi pemasaran politik.

"Idealnya agar publik tercerahkan, maka setiap lembaga survei sebelum mengekspose hasil surveinya lebih dahulu membuka info tentang sumber dana, afiliasinya, dan metodologinya," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA