Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei BUMN Bersatu: Produktivitas Pekerja Saat Pandemi Masih Baik, Kuncinya Konektivitas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 27 Oktober 2020, 22:11 WIB
Survei BUMN Bersatu: Produktivitas Pekerja Saat Pandemi Masih Baik, Kuncinya Konektivitas
Ilustrasi pekerja buruh/Net
rmol news logo Produktivitas karyawan dalam bekerja di tengah pandemi Covid-19 ternyata masih cukup terjaga.

Hal tersebut diketahui berdasarkan survei yang dilakukan Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu terkait dengan perilaku pekerja di perusahaan saat Covid-19.

Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan FSP BUMN Bersatu, Ainur Rofiq mengatakan, produktivitas pekerja dapat dipertahankan dengan sangat baik dalam pengaturan kerja virtual atau hybrid.

Survei juga menunjukkan bahwa ada minat yang signifikan terhadap cara kerja yang fleksibel di antara karyawan, serta meningkatnya keterbukaan dari para manajer.

"Pandemi memaksa pemberi kerja/pengusaha untuk memindahkan sekitar 66 % karyawan ke pekerjaan jarak jauh. Sekitar 84,3 % karyawan mengatakan bahwa selama beberapa bulan pertama krisis, para pekerja sebenarnya mampu mempertahankan atau meningkatkan produktivitas yang mereka rasakan pada tugas-tugas individu," kata Ainur Rofiq dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Selasa (27/10).

Tugas-tugas individu yang dimaksud yakni menganalisis data, menulis presentasi, atau melaksanakan tugas-tugas administratif. Sementara karyawan yang mengerjakan tugas kolaboratif (pertukaran dengan rekan kerja, bekerja dalam tim, atau berinteraksi dengan klien), jelas Ainur Rofiq, jumlahnya lebih rendah meski masih di atas 51 persen.

"Semua responden mengatakan bahwa mereka telah mampu mempertahankan atau meningkatkan produktivitas mereka. Ini berlaku di seluruh wilayah di Indonesia, baik untuk karyawan yang bekerja dari jarak jauh maupun bagi mereka yang berada di lokasi," lanjutnya.

Selain itu, Ainur juga mengungkapkan soal konektivitas pekerja menjadi sangat penting dalam iklim bekerja di tengah pandemi Covid-19.

"Konektivitas sosial adalah elemen penting yang memungkinkan pekerja menjadi produktif saat berkolaborasi di tempat kerja. Jadi untuk perusahaan yang ingin beradaptasi dengan tempat kerja virtual, mempromosikan konektivitas sosial virtual antarrekan kerja sangatlah penting," kata Ainur.

Selain itu, adanya pandemi juga memaksa karyawan untuk bisa menerapkan budaya efisiensi dalam perusahaan. "Artinya, ini menjadi hal yang positif bagi perusahaan untuk masa depan," tandasnya.

Survei perilaku pekerja di perusahaan saat Covid-19 ini dilakukan sejak 4 Oktober sampai dengan 16 Oktober 2020 dengan mengambil sampel sebanyak 1.225 Karyawan di beberapa perusahaan yang terpilih. Survei mengunakan metode stratified random sampling dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan memiliki margin of error +/- 2,7 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA