Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sumpah Pemuda, PDIP: Anak Muda Punya Peran Penting Hadapi Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 28 Oktober 2020, 09:20 WIB
Sumpah Pemuda, PDIP: Anak Muda Punya Peran Penting Hadapi Covid-19
Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemuda dan Olahraga, Eriko Sotarduga/Net
rmol news logo Peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober pada tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan, dirayakan dengan suasana pandemi Covid-19.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Situasi sulit dihadapi oleh bangsa Indonesia dan dunia akibat pandemi Covid-19, bahkan sudah diprediksi oleh International Monetary Fund (IMF) bahwa dunia akan mengalami kerugian mencapai 12 triliun dolar AS.

Meski demikian, meskipun pandemi Covid-19 ini menghantam perekonomian nas, Indonesia masih terus bertahan. Hal ini dikarenakan UMKM yang banyak dimotori oleh kalangan muda.

Demikian disampaikan Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemuda dan Olahraga, Eriko Sotarduga dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (28/10).

"Apa yang luar biasa yang bisa membuat ini semua ini bertahan? UMKM. Dan ini umumnya ditangani oleh orang-orang muda, ditangani oleh generasi muda," kata Eriko.

Dia mencontohkan, bagaimana kreatifnya anak muda membaca peluang, salah satunya berkreasi melalui masker yang menjadi kebutuhan utama saat pandemi Covid-19. Karena itu, DPP PDI Perjuangan Bidang Pemuda dan Olahraga, mengadakan lomba desain masker yang diikuti oleh pelajar dan mahasiswa.

Eriko menyatakan, sudah ada 120 peserta yang mengikuti desain ini. Bahkan ini sudah dinilai oleh dewan juri yang merupakan budayawan, dan salah satu jurinya adalah Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

"Ini menjadi role model nanti bisa diterapkan di tingkat kabupaten, di tingkat DPD, maupun saudara-saudaraku yang berada di ormas maupun komunitas juang PDI Perjuangan. Karena ini tidak membutuhkan modal yang besar. Dan kami juga ingin membantu, bergotong royong bersama seluruh kader PDI Perjuangan untuk memfasilitasi ini," tutur Eriko.

Selain itu, masih kata Eriko, dalam menyambut sumpah pemuda ini pihaknya juga mengadakan webinar dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, VP of Corporate Services Tani Fund Astri Purnamasari, dan Pendiri Komunitas Bisa Ekspor Julio Halim, untuk melihat peran anak muda memberikan sumbangsih untuk masyarakat Indonesia.

Menurut Eriko, ini untuk melihat bahwa generasi muda mempunyai tanggung jawab yang besar membawa bangsa Indonesia lebih baik lagi, sebagaimana pesan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Bahwa generasi muda mempunyai tanggung jawab yang besar untuk membawa bangsa ini lebih hebat lagi ke depan ini. Apapun masa depan dunia, salah satu ditentukan oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA