Cerita Sandiaga Uno, Bangun Bisnis Di Masa Krisis Bersama Rosan Roeslani

Sandiaga Uno dan Rosan Roeslani bersama keluarga/Net

Pengusaha muda Sandiaga Salahudin Uno kembali mengenang masa-masa di mana dia mulai membangun usaha di bidang keuangan pada tahun 1996 lalu di saat Indonesia tengah dilanda krisis moneter.

Kala itu, diceritakan Sandi, dia membangun usaha tersebut bersama teman dekatnya sejak masa sekolah menengah atas (SMA) yaitu Rosan Perkasa Roeslani yang kini menjabat Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin).

“Bang Rosan ini saya kenal dari SMA. Dan kebetulan sekolahnya juga nggak terlalu jauh ya dari saya waktu kita sama-sama sekolah di luar negeri. Pas kembali kita sempat menjalani karier berbeda. Tapi begitu krisis, krisislah yang mempertemukan kita kembali,” cerita Sandiaga dalam keterangannya, Jumat (30/10).

Perlahan tapi pasti, lanjutnya, bisnis yang dibangun tersebut berkembang meskipun mengalami pasang surut.

“Dan Alhamdulillah dari usaha yang kita mulai di bidang keuangan terciptalah banyak peluang dan ini membawa karir kita masing-masing ke jenjang yang sekarang kita tekuni,” kenang politisi Partai Gerindra ini.

Sebab itu, Sandiaga yang juga mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta berpesan kepada generasi muda dan masyarakat agar merawat pertemanan. Bahkan membangun bisnis bersama bersama teman dekat.

“Coba berkolaborasi dengan kerabat anda. Ini yang saya lakukan dengan kawan dekat saya sejak SMA, Rosan Roeslani. Kita membangun usaha dari nol, melewati beberapa krisis finansial, namun tetap bisa bangkit dan terus berkembang hingga menciptakan begitu banyak lapangan kerja,” jelasnya.

Mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) ini, juga meminta mereka untuk menggunakan pandemi ini sebagai pembuka jalan dalam menciptakan satu terobosan inovasi dan menjadi lokomotif pembangunan bangsa.

“Intinya teman itu adalah aset, teman itu adalah sarana silaturahmi kita. Jaga persahabatan, jaga pertemanan kita, jaga silaturahim kita. Karena di balik silaturahim itu ada rahasia rahasia rezki yang bisa kita jemput. Manfaatkan pandemi ini untuk membuka peluang usaha, membuka lapangan kerja, mempercepat pemulihan ekonomi kita,” pesannya.

Sementara itu, Rosan Roeslani mengamini pernyataan Sandiaga Uno. Dia mengatakan dirinya bersama Sandi Uno membangun bisnis di tengah hantaman krisis.

“Kita mulai di saat krisis. Itu tahun 96 akhir. Dan kita mulainya bukan dengan istilahnya terlahir sudah besar ya. Jadi memang mulai dari sangat kecil, kita mulai kantor 80 meter,” ungkapnya.

Rosan mengatakan usaha tersebut tidak berjalan mulus. Bahkan beberapa kali diterjang krisis antara lain krisis tahun 2008 lalu.

“Tapi kita bangkit lagi waktu itu. 2010, 2011, 2012 kita berkembang lagi. Ini berkat kita saling mengisi. Saling tukar pikiran. Kalau kita ada perbedaan kita berdebat ya kita berdebat di dalam ruangan. Tapi sesudah selesai berdebat kita setuju suara kita selalu satu,” tandas Rosan.

Kolom Komentar


Video

Sosok Mayat Mengapung di Sungai Gegerkan Warga Grobogan

Minggu, 22 November 2020
Video

Laporkan Rektor ke KPK, Frans Josua Napitu Dirumahkan oleh UNNES

Senin, 23 November 2020
Video

Copot Baliho Habib Rizieq Tak Berizin oleh Satpol PP Kota Semarang

Senin, 23 November 2020

Artikel Lainnya

Kemenag Susun Naskah Khutbah Jumat Untuk Masjid-masjid, Jaminan Berkualitas Dan Bermutu
Politik

Kemenag Susun Naskah Khutbah..

25 November 2020 00:44
Heran Asing Berperan Lebih Di Indonesia, Megawati: Pak Nadiem Please, Kasih Kesempatan Anak-anak Kita
Politik

Heran Asing Berperan Lebih D..

25 November 2020 00:11
Megawati: Abad Ini Indonesia Kekurangan Tokoh Dunia, Kenapa Ya?
Politik

Megawati: Abad Ini Indonesia..

25 November 2020 00:06
Genjot Sektor Pariwisata Di Tengah Pandemi, Kemenparekraf Beri Stimulus Ke Pelaku Usaha
Politik

Genjot Sektor Pariwisata Di ..

24 November 2020 23:31
Debat Tahap II, Irman Yasin Limpo: Digitalisasi Pemerintahan Masih Sekadar Komputerisasi
Politik

Debat Tahap II, Irman Yasin ..

24 November 2020 23:13
Yusril: Pembentukan Tim Independen Positif Untuk Tampung Aspirasi Publik Pada Turunan UU Ciptaker
Politik

Yusril: Pembentukan Tim Inde..

24 November 2020 22:45
Untuk Perkembangan SDM Dan Infrastruktur, Masyarakat Papua Dukung Otsus Berlanjut
Politik

Untuk Perkembangan SDM Dan I..

24 November 2020 22:11
Hensat: Bagus Kalau Ada Pemimpin Islam Tersinggung Dengan Omongan JK
Politik

Hensat: Bagus Kalau Ada Pemi..

24 November 2020 21:25