Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indonesia Pasti Tidak Akan Memihak Dalam Konflik AS-China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 30 Oktober 2020, 13:26 WIB
Indonesia Pasti Tidak Akan Memihak Dalam Konflik AS-China
Anggota Komisi I DPR RI Charles Honoris/Net
rmol news logo Indonesia sejak merdeka menganut politik luar negeri bebas aktif. Atas dasar itu juga pemerintahan Jokowi tidak akan berpihak ke salah satu kubu dalam konflik Amerika Serikat dan China.

Begitu tegas anggota Komisi I DPR RI Charles Honoris menanggapi kunjungan Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo ke Indonesia. Di mana banyak pihak beranggapan bahwa kunjungan itu akan menarik Indonesia untuk melawan China.

“Pemerintahan Pak Jokowi pasti tidak akan berpihak dalam sengketa atau konflik yang semakin memanas antara China dan Amerika Serikat,” ujarnya kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (30/10).

Selain itu, kata Charles, Indonesia berkepentingan untuk menjalin hubungan baik dengan negara-negara sahabat.

Sehingga, penerimaan yang baik oleh pemerintah dari kunjungan Mike Pompeo sebagai menlu dari salah satu negara sahabat adalah hal yang wajar.

“China juga merupakan salah satu negara sahabat bagi RI. Apabila ada kunjungan tingkat tinggi dari Tiongkok ke Indonesia, penghormatan yang sama juga akan diberikan oleh pemerintah,” kata politisi PDIP itu.

Menyinggung Menlu Retno Marsudi dan Menlu Mike Pompeo perihal komitmen dua negara untuk menghormati hukum internasional di Laut China Selatan (LCS), Charles mengatakan Indonesia berkepentingan untuk menjaga kedaulatan nasional.

“Indonesia tentunya membuka diri dan menyambut baik ajakan dari setiap pihak untuk menjaga keamanan dan perdamaian di kawasan selama hal itu masih dalam koridor hukum dan institusi internasional,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA