Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Aktivis Cipayung Plus Jakarta Serukan Pemulihan Ekonomi Nasional Imbas Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 31 Oktober 2020, 18:43 WIB
Aktivis Cipayung Plus Jakarta Serukan Pemulihan Ekonomi Nasional Imbas Covid-19
Aktivis Cipayung saat serukan pemulihan ekonoi nasional di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat/RMOL
rmol news logo Kelompok mahasiswa yang tergabung dalam Cipayung Plus Jakarta menggelar Sarasehan Kebangsaan memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 92 tahun di halaman Tugu Proklamasi Jakarta Pusat, pada Sabtu (31/10).

Dalam acara Sarasehan Kebangsaan tersebut mereka menyerukan agar seluruh elemen masyarakat saling bahu membahu mendukung pemerintah pusat.

Selain itu puluhan aktivis gabungan itu juga meminta pemerintah daerah merealisasikan program pemulihan ekonomi nasional (PEN) untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19.

Ketua HMI Cabang Jakarta Pusat-Utara, Fadli Rumakefing mengatakan, sebagai mahasiswa melihat situasi saat ini bukanlah situasi yang mudah sebab semua negara terkena dampak akibat pandemi Covid-19.

Ats dasar itulah, sebagai anak bangsa sedianya harus saling bahu membahu mengatasi persoalan akibat pandemi Covid-19 

"Kami mendorong, dan mendukung kebijakan stategis Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam merealisasikan agenda PEN upaya mengatasi dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19 ini," ujar Fadli Rumakfeing.

Senada, Ketua Cabang PMII Jakarta Pusat Ken Abimanyu juga menyinggung perilaku sejumlah elite politik yang justru menciptakan suasana gaduh di tengah situasi pandemi seperti saat ini.

"Kami mengecam keras sejumlah gerombolan politik yang mencoba menunggangi aspirasi mahasiswa yang independen," tegasnya.

Menurut Ken, seharusnya semua pihak mencinta negeri ini dengan cara memberikan masukan yang konstruktif. Bukan juatru sibuk memprovokasi antar warga bangsa.

"Itukan destruktif jadinya ya merusak tatananlah," kata Abimanyu.

Kemudian, Ketua Cabang GMKI Jakarta Barat Wesley Silanno yang juga ikut menginisiasi acara Sarasehan tersebut, juga mendorong Polri bersama TNI untuk menindak tegas oknum-oknum politik yang mencoba menciptakan kegaduhan situasi nasional dan hanya bertujuan merongrong pemerintah yang sah.

"Poinnya kalau ada upaya-upaya nonkonstitusional yang bertujuan menciptakan situasi yang tidak kondusif, Polri bersama TNI tidak usah ragu untuk ambil langkah tegas, masyarakat pasti dukung itu," ujar Wesley.

Selanjutnya, Sekjen Hikmabudhi Jakarta Utara, Megamendung mengatakan pelaksanaan Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 mendatang harus dikawal bersama.

"Kita harus pastikan bersama bahwa protokol kesehatan diterapkan secara ketat, dan proses demokrasi nanti berjalan dengan aman, damai dan sejuk tentunya," kata dia.

Sementara itu, Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII) Jakarta Selatan juga menyoroti polemik yang terjadi akhir-akhir ini berkaitan dengan UU Cipta Kerja. GPII mengajak seluruh masyarakat untuk menyikapi setiap kebijakan pemerintah dengan cara-cara yang konstitusional.

"Kami sepakat bahwa kritik dan nilai kritis harus tetap kita pelihara, karena itu menunjukan demokrasi yang sehat, menyoal UU Cipta Kerja, kami berharap semua pihak menyikapinya dengan mengambil langkah hukum menggugatnya di Mahkamah Konstitusi, supaya kita tempatkan polemik ini dalam koridor konstitusional," kata Ketua Umum GPPII Jakarta Selatan Ricky Rasody.

Terakhir, Sekjen Bakerda GMNI DKI Jakarta Maulana Yoga Wicaksono, menegaskan bahwa Sarasehan Kebangsaan ini digelar bukan hanya seremonial peringatan Hari Sumpah Pemuda belaka, tapi kami ingin menyampaikan pesan spirit kebangsaan.

"Jadi ini selain seremonial peringatan hari sumpah pemuda, ada juga pesan yang ingin kami sampaikan yakni bahwa spirit kebangsaan kita sebagai generasi muda harus terus kita gelorakan dan kita kobarkan," tegasnya.

"Generasi muda harus terus bersikap kritis namun konstruktif memberikan pandangan - pandangan kebangsaannya bagi kemajuan Indonesia," imbuh Maulana Yoga menambahkan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA