Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Resesi Ekonomi Imbas Covid-19, PAN Minta Pemerintah Perluas Akses Pasar UMKM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 04 November 2020, 17:28 WIB
Resesi Ekonomi Imbas Covid-19, PAN Minta Pemerintah Perluas Akses Pasar UMKM
Sekjen DPP PAN, Eddy Soeparno/Repro
rmol news logo Partai Amanat Nasional mendesak pemerintah membangkitkan laju ekonomi nasional di tengah kondisi terpurukanya.

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno memberikan poin penting pada pemerintah mengatasi hantaman pandem Covid-19 yang memporak-porandakan kegiatan sosial ekonomi dan kesehatan dalam kurun waktu delapan bulan.

Menurut Eddy, jangkauan UMKM dalam mendapatkan akses pasar harus diperluas.

“Sektor yang harus terus diperkuat dalam menghadapi Pandemi adalah UMKM. Caranya adalah dengan membantu akses pasar UMKM lebih luas baik di tingkat lokal maupun jika bisa sampai ke tingkat internasional,” ucap Eddy, Rabu (4/11).

Menurutnya, bentuk dukungan memperluas akses pasar diantaranya dapat dilakukan dengan menempatkan produk UMKM di jaringan ritel nasional maupun internasional.

“Semakin luas akses pasar, semakin kuat UMKM bertahan dalam menghadapi Pandemi ini,” katanya.

Pimpinan Komisi VII DPR RI ini menambahkan, yang harus diantisipasi dan disiapkan pemerintah maupun masyarakat adalah apa selanjutnya saat kita menghadapi wabah Covid-19 masih ada di lingkungan masyarakat.

“Kami dari PAN meminta agar Paket Stimulus diteruskan untuk membantu masyarakat bangkit dari keterpurukan ekonomi,” imbuhnya.

Eddy juga menyinggung perihal permasalahan resesi yag jadi momok menakutkan bagi masyarakat Indonesia. Dia meminta untuk tidak dibesar-besarkan, justru mencari solusi bagaimana Indonesia bisa bangkit dari resesi.

“Permasalahan Resesi adalah tentang bagaimana kita menghadapinya. Jadi resesinya bukan untuk dibesar besarkan tapi disiapkan langkah lamgkah kebijakannya,” tutupnya.

Masukan strategis PAN disampaikan Eddy dalam acara diskusi virtual Media Center DPP PAN bertajuk Resesi dan Percepatan Pemulihan Ekonomi.

Pembicara yang dihadirkan diantaranya Staf Khusus Menkeu Prastowo Yustinus, ekonom senior Indef Faisal Basri, anggota Komisi XI PAN Jon Erizal, Wakil Ketua Kadin Suryani Motik, dan pengamat ekonomi senior dari CORE Indonesia Dr. Hendri Saparini.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA