Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Trubus: Kepercayaan Publik Meningkat Karena Kejagung Lakukan Pembenahan Internal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 04 November 2020, 17:31 WIB
Trubus: Kepercayaan Publik Meningkat Karena Kejagung Lakukan Pembenahan Internal
Trubus Rahadiansyah/Net
rmol news logo Kinerja Kejaksaan Agung di bawah kepemimpinan Jaksa Agung ST. Burhanuddin berhasil dapatkan peningkatan kepercayaan publik dalam penegakan hukum serta pembenahan-pembenahan di internal Kejagung dalam melakukan reformasi birokrasi.

Bagi pengamat kebijakan publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah, penilaian itu tercermin dari data survei Indikator Politik Indonesia yang menyatakan bahwa kepuasan publik terhadap kinerja penegakan hukum dalam tugasnya memberantas tindak pidana korupsi cukup baik.

Sementara itu, kepercayaan publik terhadap kinerja Kejagung mengalami peningkatan, tercatat pada bulan Juli 2020, sebesar 68 persen naik menjadi 71,3 persen pada bulan Oktober 2020.

“Hal yang patut kita apresiasi, artinya memang Kejaksaan Agung sudah melakukan pembenahan-pembenahan internal, reformasi birokrasi institusinya," kata Trubus kepada wartawan, Rabu (4/11).

"Memang ini banyak kasus-kasus yang ditangani, tapi menurut saya memang survei ini juga mengindikasikan bahwa persepsi publik terhadap Kejaksaan Agung sudah mulai membaik,” imbuhnya.

Menurutnya, meskipun hasil survei menunjukan kenaikan, Kejagung didorong agar terus konsisten menjalankan tugasnya secara profesional dan tetap melakukan pembenahan serta bertindak transparan terhadap setiap kasus yang ditanganinya.

Kejaksaan Agung dibawah kepemimpinan ST Burhanuddin, lanjut Trubus, dinilai sudah menunjukan tata kelola yang akuntabel, koordinasi antar institusi penegak hukum berjalan dengan relatif baik dalam penanganan sebuah kasus seperti halnya kasus Jaksa Pinangki maupun kasus Kebakaran Gedung Kejagung.

“Kemudian juga koordinasi dengan berbagai lembaga itu relatif baik, apa lagi kemudian kasus yang gedung kebakaran itu ternyata memang semata-mata disebabkan oleh human eror, human eror yang tidak ada kaitanya dengan persoalan kasus hukum,” terangnya.

Trubus berharap agar Kejagung lebih optimal dalam hal penanganan-penanganan perkara dan lebih transparan, terutama perlunya memberantas para mafia-mafia atau ‘jaksa nakal’ yang dapat mencoreng citra Korps Adhiyaksa tersebut.

“Jadi masih sering selama ini kan di Kejagung ada kesan mafia-mafia perkara yang menyebabkan tercoreng, ini sekarang mulai mereda dalam arti memang pembenahan-pembenahan yang dilakukan di bawah kepemimpinan Pak Burhanuddin ini banyak mengalami kemajuan kalau menurut saya,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA