Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengawasan Dana Desa Penting Agar Tepat Sasaran Dan Tertib Administrasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Jumat, 06 November 2020, 02:55 WIB
Pengawasan Dana Desa Penting Agar Tepat Sasaran Dan Tertib Administrasi
Anggota Komisi XI DPR RI Junaidi Auly (kanan)/Net
rmol news logo Pengawasan dana desa merupakan hal yang penting dilakukan. Pengawasan bertujuan memastikan semua aktivitas yang terlaksana telah sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya.

Begitu kata anggota Komisi XI DPR RI Junaidi Auly dalam Agenda Workshop Monitoring dan Evaluasi Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa di Kabupaten Tulang Bawang Barat Bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Lampung, Kamis (5/11).

Dalam hal ini, Junaidi menilai peranan BPKP penting dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pengawasan keuangan negara/daerah.

“BPKP diharapkan reponsif dalam mengawal pemerintah desa agar dapat melaksanakan siklus pengelolaan keuangan desa secara akuntabel, apalagi pada masa pandemi ini ruang-ruang pertanggungjawaban dana desa penting untuk diawasi,” ujarnya.

Politisi PKS asal Lampung ini berharap penyaluran dana desa kepada masyarakat dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) memperhatikan tertib administrasi dan ketepatan sasaran.

Idealnya, kata Junaidi, penerima BLT Desa adalah keluarga miskin atau tidak mampu yang memang belum mendapatkan program bantuan dari Pemerintah Pusat dan/atau Pemerintah Daerah sebelumnya.

“Untuk itu peran pengawasan penting namun tidak bisa berjalan parsial, harus bersama-sama dan saling mengisi serta mendukung” pungkas anggota dari dapil Lampung II ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA