Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pesan Marah Sakti Siregar Ke Peserta UKW PWI Jaya: Jadilah Wartawan Profesional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 06 November 2020, 17:50 WIB
Pesan Marah Sakti Siregar Ke Peserta UKW PWI Jaya: Jadilah Wartawan Profesional
UKW ke 49 PWI Jaya/RMOL
rmol news logo Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DKI Jakarta menggelar uji kompetensi wartawan (UKW) angkatan ke-49 yang berlangsung selama dua hari, 5-6 November 2020, di Sekretariat PWI Jaya, Jalan Suryopranoto, Jakarta Pusat.

Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan PWI Jaya Tb. Adhi membuka uji kompetensi wartawan angkatan ke-49 tersebut.

Selain itu, beberapa pengurus harian juga turut menghadiri acara pelaksanaan uji kompetensi para pewarta yakni Kesit Budi Handoyo, Naek Pangaribuan, Iqbal Irsyad, Kadirah, dan Ketua DKP Diapari Sibatangkayu.

Tidak seperti pelaksanaan UKW sebelumnya yang bisa diikuti banyak peserta, UKW kali ini diikuti 21 peserta, dari berbagai daerah. Tetapi, saat registrasi hanya 18 peserta yang mendaftar ulang.

Rinciannya, 15 peserta untuk kategori muda, dan tiga kategori madya.

Sebanyak 14 orang dinyatakan kompeten. Yakni, 12 dari kategori muda, dua dari madya.

"Syukur dan terima kasih kami atas waktu dan kesempatan yang diberikan para penguji kepada kami. Terima kasih juga kepada para panitia. Saya dan teman-teman akan terus belajar, sebagaimana disampaikan Pak Djunaidi Tjunti, penguji kami,” ucap Jerry Makmurta, perwakilan peserta kategori muda, asal Medan, Sumut, di lokasi.

Dengan bertambahnya 14 peserta yang lulus dalam UKW Angkatan ke 49 PWI Jaya ini, jumlah keseluruhan peserta kompeten dari PWI tingkat nasional menjadi 12.385 orang.

"Saya dan teman-teman penguji tentunya senang dengan keberhasilan kalian. Selamat! Kami tentu berharap kalian menjadi wartawan berkualitas dan profesionalitas," ungkap penguji senior Marah Sakti Siregar, dalam sambutan penutupan UKW Angkatan ke-49 PWI DKI Jaya ini.

Marah Sakti Siregar yang juga tenaga ahli Dewan Pers itu, meminta 14 peserta yang kompeten dari UKW Angkatan ke 49 PWI Jaya senantiasa mampu menjaga marwahnya sebagai wartawan yang kompeten, berkualitas dan profesionalitas.

"Kalian wajib menjunjung tinggi Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan turunannya, Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA), Pedoman Pemberitaan Media Siber (PPMS), serta undang-undang lainnya," papar Marah Sakti Siregar.

Dari total empat penguji, Marah Sakti Siregar menjadi penguji kategori madya.

Tiga penguji lainnya, untuk kategori muda, yakni Djunaidi Tjunti Agus, Abdul Rahim Lubis, dan Rita Sri Hastuti. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA