Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Partai Masyumi Hidup Lagi, PKB: Selamat! Kita Berlomba Memenangkan Hati Rakyat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 07 November 2020, 14:37 WIB
Partai Masyumi Hidup Lagi, PKB: Selamat! Kita Berlomba Memenangkan Hati Rakyat
Faisol Reza/Net
rmol news logo Deklarasi dan pengaktifan atau pendirian kembali Partai Masyumi oleh sejumlah tokoh disambut baik Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Ucapan selamat dari Partai Ka'bah ini disampaikan Wakil Sekretaris Jendral (Wasekjen) PKB, Faisol Reza, saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (7/11).

Selain ucapan selamat, Faisol juga mengajak Partai Masyumi untuk berkompetisi dengan PKB dalam pemilu yang akan datang.

"Selamat. Kita berlomba memenangkan hati rakyat dalam pemilu yang akan datang," ujar Faisol.

Saat ditanya mengenai peluang Partai Masyumi untuk mengikuti perhelatan pesta demokrasi pada 2024 mendatang, Faisol belum menjawab.

Sebab sebagaimana diketahui, pada tahun 1955 Masyumi mengikuti pemilu pertama dan berhasil menduduki posisi kedua di bawah Partai Nasional Indonesia (PNI), di atas Nahdlatul Ulama (NU) dan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Partai Masyumi lahir dari organisasi massa Islam yang didirikan atas restu pemerintahan pendudukan Jepang, dan dimaksudkan untuk mengendalikan berbagai kelompok Islam di tanah air pada masa itu.

Namun, di tahun 1960, pemerintahan Soekarno melarang Masyumi dan Partai Sosialis Indonesia (PSI) yang dituding berada di belakang serangkaian aksi pemberontakan dua tahun sebelumnya.

Adapun deklarasi pengaktifan atau pendirian kembali Partai Masyumi yang dilaksanakan hari ini, bertepatan dengan hari ulang tahun ke-75 Masyumi, yang digelar perayaannya di Gedung Dewan Dakwah, Jakarta Pusat.

Sejumlah nama tokoh dikabarkan masuk ke dalam jajaran partai. Antara lain Mantan Menteri Kehutanan MS Kaban, Mantan Penasihat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abdullah Hehamahua, Wasekjen MUI Tengku Zulkarnain, Budayawan Ridwan Saidi, hingga Kiai Abdul Rosyid Syafei. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA