Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Food Estate Jadi Andalan Sugianto Sabran-Edy Pratowo Tingkatkan Perekonomian Kalteng

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Minggu, 08 November 2020, 13:24 WIB
<i>Food Estate</i> Jadi Andalan Sugianto Sabran-Edy Pratowo Tingkatkan Perekonomian Kalteng
Sugianto Sabran-Edy Pratowo/Net
rmol news logo Ketahanan pangan melalui program food estate jadi program andalan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Tengah nomor urut 2 Sugianto Sabran-Edy Pratowo.

Dalam debat calon gubernur dan wakil gubernur Kalteng yang digelar Sabtu malam (7/11), Sugianto mengatakan program food estate adalah salah satu program unggulan nasional yang ia usulkan kepada Presiden Joko Widodo pada tahun 2017 lalu.

Sugianto mengatakan, dia mengusulkan Kalteng sebagai lokasi food estate lantaran wilaynya memiliki lahan produktif yang sangat luas sementara jumlah penduduk masih sedikit.

Dia optimistis, program strategis nasional ini akan membawa multiple effect bagi Kalteng di masa yang akan datang.

"Food estate akan membawa multiple effect bagi Kalimantan Tengah. Infrastruktur jalan raya, bandara, pelabuhan akan terkoneksi. Program ini juga akan membuka jutaan lapangan kerja, perekonomian akan meningkat," kata Sugianto.

"Program ini akan berhasil jika semua pihak bisa bekerjasama dan harmonis," imbuhnya.

Sementara itu, calon wakil gubernur Edy Pratowo mengatakan, program food estate adalah salah satu terobosan untuk menyeiakan lapangan kerja bagi masyarakat Kalteng.

"80 persen masyarakat Kalteng bekerja di sektor pertanian, program ketahanan pangan nasional yang mendapatkan respon dari pemerintah pusat ini adalah solusi," katanya.

Edy mengatakan, melalui program ini, seluruh kabupaten/kota di Kalteng akan terintegrasi dengan keunggulan produk pertanian di masing-masing wilayah.

"Misalnya di Kabupaten Kapuas dengan pertanian padi, di Puang Pisau juga demikan. Di Gunung Mas dengan singkong, Barito Utara ada jagung. Masyarakat akan dilibatkan dalam program ini sehingga perekonomian bisa bangkit setelah pandemi," demikian Edy. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA