Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Fahira Idris Yakin Ekonomi Pancasila Adalah Jalan Memulihkan Indonesia Di Masa Pandemi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Minggu, 08 November 2020, 20:57 WIB
Fahira Idris Yakin Ekonomi Pancasila Adalah Jalan Memulihkan Indonesia Di Masa Pandemi
Fahira Idris/Net
rmol news logo Pemulihan ekonomi Indonesia yang tengah terpuruk akibat pandemi Covid-19 sebenarnya bisa diatasi bila pemerintah benar-benar menerapkan prinsip Pancasila.

“Ekonomi Pancasila menjadi jalan memulihkan Indonesia saat ini. Muara ekonomi Pancasila itu mewujudkan pemerataan sosial. Jika kesenjangan dan ketimpangan ekonomi kecil, maka kondisi ekonomi sebuah bangsa tidak akan mudah terguncang," kata anggota MPR RI Fahira Idris dalam keterangan tertulisnya kepada redaksi, Minggu (8/11).

Ia menjelaskan, ekonomi Pancasila cenderung lebih tahan krisis karena membangun fondasi ekonomi rakyat yang kuat.

Selain itu, perekonomian yang disusun dengan asas kekeluargaan juga menjadi strategi menghilangkan kesenjangan dan ketimpangan yang termuat dalam Pancasila. Salah satu implementasinya adalah keberadaan koperasi yang terbukti sudah menjadi fondasi sebuah wilayah.

Nantinya, akan lahir gelombang besar usaha rakyat baik di desa maupun di perkotaan. Usaha tersebut membuka lapangan kerja dan barang atau jasa yang diproduksi dan dibeli kembali oleh masyarakat sehingga semua sisi perputaran ekonomi dirasakan rakyat.

“Negara kemudian fokus dan konsentrasi mengelola cabang-cabang produksi yang penting dan menguasai hajat hidup rakyat, termasuk mengelola bumi, air, dan kekayaan alam yang ada di setiap jengkal Indonesia untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Dengan begini mimpi Indonesia Maju bisa terwujud,” pungkas anggota DPD RI tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA