Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei Populi Center: Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Jokowi Menurun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 09 November 2020, 19:35 WIB
Survei Populi Center: Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Jokowi Menurun
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Maruf Amin/Net
rmol news logo Kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Joko Widodo-Maruf Amin menurun.

Berdasarkan survei yang dilakukan Populi Center, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi berada di angka 60,7 persen di mana 53,2 persen di antaranya menilai puas dan 7,5 persen sisanya sangat puas.

Namun demikian, angka tersebut mengalami penurunan jika dibanding survei di bulan November 2019.

"Pada survei bulan November, kepuasan masyarakat sebesar 65,1 persen. Penurunan kepuasan kinerja Presiden Joko Widodo ini dipengaruhi oleh pandemi Covid-19 yang membuat kinerja pemerintahan kurang optimal," kata peneliti Populi Center, Nurul Fatin Afifah lewat keterangan persnya, Senin (9/11).

Sementara masyarakat yang menilai tidak puas dengan kinerja presiden sebanyak 36,1 persen di mana 33,3 persen di antaranya tidak puas dan 2,8 persen sisanya sangat tidak puas.

“Angka (ketidakpuasan) ini naik dibanding survei sebelumnya yakni 17,7 persen," jelasnya.

Di sisi lain, secara keseluruhan publik menilai kinerja pemerintah Jokowi-Maruf sudah baik. Sebanyak 68,7 persen menilai baik, sedangkan 25,6 persen masyarakat menjawab buruk. Adapun masyarakat yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab pertanyaan ini sebesar 5,3 persen.

“Hasil ini menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat masih menilai baik setahun pemerintahan Joko Widodo-KH Maruf Amin,” tandasnya.

Survei dilakukan 21-30 Oktober 2020 di 100 kabupaten/kota yang tersebar secara proposional di 34 provinsi di Indonesia. Survei dilakukan melalui metode wawancara tatap muka dengan besaran sampel 1.000 responden yang dipilih secara acak atau multistage random sampling.

Adapun margin of error pada survei kali ini sebesar 3,10 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan dengan menggunakan pendanaan internal. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA