Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi: Perpanjangan GSP Dari AS, Bukti Indonesia Dipercaya Dunia Internasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 12 November 2020, 01:16 WIB
Jokowi: Perpanjangan GSP Dari AS, Bukti Indonesia Dipercaya Dunia Internasional
Presiden Joko Widodo/Net
rmol news logo Perpanjangan generalized system of preferences (GSP) dari Amerika Serikat dapan membawa dampak positif bagi pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo dalam perayaan hari ulang tahun Partai Nasdem ke-9 yang digelar secara virtual, Rabu (11/11).

“30 Oktober lalu, Indonesia terima fasilitas GSP dari Pemerintah AS. Kita memperoleh fasilitas keringanan dan pembebasan berbagai biaya masuk barang Indonesia ke AS. Sehingga produk dalam negeri kita produk UMKM kita lebih bisa bersaing dengan produk negara lain,” kata Presiden Jokowi.

“Bahkan maknanya lebih dari itu, bahwa kita semakin memperoleh kepercayaan, dari masyarakat internasional,” imbuhnya.

Kepercayaan yang diberikan pemerintah AS tersebut kepada Indonesia, lanjut Jokowi, harus bisa dimanfaatkan untuk memulihkan ekonomi dan ketertinggalan Indonesia selama ini di kancah internasional.

“Kepercayaan masyarakat internasional pada Indonesia dan kemunduran negara akibat pandemi Covid-19 harus kita manfaatkan momentum untuk mengejar ketertinggalan kita, UMKM harus kita berdayakan semaksimal mungkin, peluang kerja harus kita ciptakan sebanyak mungkin,” bebernya.

Jokowi juga menyinggung perihal adanya UU 11/2020 tentang Cipta Kerja yang diterbitkan pemerintah.

Dia meminta agar masyarakat terutama pelaku UMKM dapat memanfaatkan undang-undang tersebut untuk dapat menggairahkan industri tanah air, terutama bidang pangan dan energi.

“Itulah semangat dari penerbitan UU Cipta Kerja yang sekaligus dimaksud untuk percepat industrialisasi di dalam negeri serta perkuat sektor strageis terutama pangan kesehatan dan energi,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA