Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Nasdem Mulai Terang-terangan Dukung Anies Baswedan, Pengamat: Keduanya Saling Menguntungkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 12 November 2020, 09:20 WIB
Nasdem Mulai Terang-terangan Dukung Anies Baswedan, Pengamat: Keduanya Saling Menguntungkan
Spanduk ucapan selamat ulang tahun Partai Nasdem dengan foto Gubernur DKI Jakarta/RMOL
rmol news logo Kedekatan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang sudah cukup terjalin erat kembali mencuat ke permukaan.

Teranyar, kemesraan tersebut ditunjukan partai besutan Surya Paloh itu dengan menampilkan wajah Anies di baliho perayaan Hari Ulang Tahun Partai Nasdem ke-9.

Menurut pengamat politik dari Universitas Nasional (Unas), Andi Yusran, hubungan Nasdem dengan Anies menunjukkan simbiosis mutualisme alias saling menguntungkan.

"Anies butuh perahu (partai) menuju Pilpres 2024 mendatang, sementara Nasdem butuh dukungan suara dalam Pemilu Legislatif 2024 dari pendukung setia Anies yang melintas batas provinsi," jelas Andi saat dihubungi Kantor Berita RMOLJakarta, Kamis (12/11).

Andi menambahkan, Nasdem saat ini tampaknya berusaha mencuri start dengan terang-terangan memunculkan calon presidennya.

Namun demikian, upaya Nasdem untuk merebut hati sebagian pendukung setia Anies yang merupakan dari kubu umat bukan tanpa resistensi.

Pasalnya, pada kasus Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tempo lalu, di mana Nasdem berada di posisi Ahok, membuat gerakan umat mengalami trauma.

"Oleh sebab itu membutuhkan waktu dan pendekatan khusus dalam meyakinkan dan merebut hati pendukung Anies tersebut," pungkas Andi Yusran. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA