Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Saleh Daulay Minta Pemerintah Tak Abaikan Masukan Organisasi Profesi Soal Vaksinasi Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 12 November 2020, 17:25 WIB
Saleh Daulay Minta Pemerintah Tak Abaikan Masukan Organisasi Profesi Soal Vaksinasi Covid-19
nggota Komisi IX DPR RI, Saleh Daulay/Net
rmol news logo Saran dan masukan beberapa organisasi profesi kedokteran diminta lebih didengar pemerintah terkait rencana pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Indonesia pada bulan Desember ini.

Beragam organisasi telah menyampaikan secara terbuka agar pemerintah tidak terburu-buru melaksanakan vaksinasi massal kepada masyarakat sebelum adanya jaminan keamanan, imunogenitas, dan efektivitas vaksin untuk memberi rasa aman.

"Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (Papdi), Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) tentu tidak sembarangan memberikan pendapat. Tentu mereka sudah mengkaji dari berbagai aspek," ujar anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Daulay kepada Kantor Berita Politik RMOL sesaat lalu di Jakarta, Kamis (12/11).

"Karena itu, sangat perlu didengar dan ditindaklanjuti," imbuhnya menegaskan.

Selain itu, pemerintah juga diminta untuk mengikuti perkembangan pengadaan vaksin Covid-19 di negara lain seperti Brazil yang dikabarkan telah menghentikan uji klinis tahap ketiga vaksin Coronavac hasil kerja sama dengan Sinovac Biotech.

"Ini penting dicermati. Informasi lebih dalam harus digali, apalagi perusahaan yang bekerja sama dengan Brazil sama dengan yang bekerja sama dengan Indonesia," kata Plh Ketua Fraksi PAN DPR RI ini.

Namun demikian, bila tetap menjalankan vaksinasi di bulan Desember tahun ini, pemerintah harus betul-betul menjamin keselamatan dan keamanan masyarakat.

"Apakah waktu sesingkat ini cukup untuk melakukan kajian dan pendalaman? Saya tidak tahu. Kita kembalikan sepenuhnya kepada pemerintah. Satu pesan yang harus diingat, keamanan dan keselamatan warga negara harus di atas segalanya," demikian Saleh Daulay. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA