Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

LaNyalla Dukung Nanas Lampung Makin Go Internasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 12 November 2020, 17:45 WIB
LaNyalla Dukung Nanas Lampung Makin Go Internasional
Ketua DPD RI, LaNyalla Mahmud Mattalitti saat menerima penghargaan Adi Karsa Utama dari Rektor Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Prof Ofyar Z Tamin di Bandarlampung/Ist
rmol news logo Dukungan terhadap industri hasil tani dalam negeri terus diberikan Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti.

Salah satu yang menjadi perhatian LaNyalla adalah hasil tani nanas Subang yang diproduksi di Lampung. Dukungan dari pemerintah pusat pun dinilai penting agar hasil produksinya semakin lebih baik lagi.

"Kita harus dukung agar nanas Subang di Lampung semakin lebih besar lagi produksinya," ujar LaNyalla di sela kunjungan kerja di Provinsi Lampung, Kamis (12/11).

Berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS), produksi nanas mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Di tahun 2018, Indonesia mampu mengekspor hingga 1,8 juta ton dan meningkat pada tahun 2019 mencapai 2,1 juta ton.

Lampung menjadi salah satu wilayah yang berkontribusi besar menghasilkan nanas. Dari data 2019, sentra penghasil nanas terbesar diduduki Lampung  dengan 699.243 ton. Kemudian Jawa Timur 250.291 ton, Jawa Barat 228.600 ton. Sisanya dari Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Jambi, dan Riau.

Untuk Provinsi Lampung, daerah yang tercatat sebagai sentra penghasil nanas adalah Lampung Selatan, Lampung Timur, dan Lampung Tengah. LaNyalla pun meminta peran serta pemerintah daerah untuk bisa meningkatkan hasil produksi tani buah nanas.

"Pemerintah daerah harus terus memberi pendampingan kepada para petani agar dapat meningkatkan volume dan kualitas produksi nanas Subang," ucap LaNyalla.

Adapun negara yang mengeskpor nanas dari Indonesia adalah Amerika Serikat, Spanyol, China, Belanda, Singapura, Jepang, Argentina, dan Jerman untuk nanas olahan (kaleng). Sementara itu, negara tujuan ekspor nanas segar adalah United Arab Emirates, Jepang, dan Saudi Arabia.

"Nanas produksi Indonesia telah mendunia. Kita patut berbangga," kata LaNyalla. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA